DPR Akan Tetapkan Idham Azis Sebagai Kapolri Hari Ini

Idham Azis janji untuk menuntaskan kasus Novel Baswedan

Jakarta, IDN Times - Penetapan Komisaris Jenderal (Komjen) Idham Azis sebagai Kapolri akan dilakukan dalam sidang paripurna DPR RI, Kamis siang ini. Sebelumnya, Pimpinan DPR telah menerima surat dari Komisi III yang berkaitan dengan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri Komjen Idham Azis.

"Jadi berdasarkan surat dari pimpinan Komisi III tadi, kita terima di meja pimpinan untuk melakukan rapim, rapat konsultasi mengagendakan atas masuknya surat dari Komisi III, dalam hal ini berkenaan dengan hasil fit and proper Kapolri Komjen Idham Azis," kata Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10).

Baca Juga: [BREAKING] Jadi Kapolri, Idham Azis Janji Akan Selesaikan Kasus Novel 

1. Jika semua sepakat, Idham akan ditetapkan sebagai Kapolri hari ini

DPR Akan Tetapkan Idham Azis Sebagai Kapolri Hari IniIDN Times / Irfan Fathurohman

Sesuai mekanisme, selanjutnya DPR melakukan rapat konsultasi pengganti rapat Badan Musyawarah (Bamus). Jika semua fraksi sepakat, Idham Azis bisa ditetapkan sebagai Kapolri dalam rapat paripurna siang ini.

"Nanti pimpinan akan melakukan administrasi secara Undang-Undang MD3 untuk masuk ke dalam rapat pimpinan dan rapat konsultasi pengganti Bamus. Namun, bila disepakati oleh fraksi-fraksi, bisa saja kita langsungkan dengan paripurna," ujar Azis.

2. Azis enggan menanggapi kasus Novel Baswedan

DPR Akan Tetapkan Idham Azis Sebagai Kapolri Hari Ini(Penyidik senior KPK Novel Baswedan) IDN Times/Ashari Arief

Menyinggung hasil uji kepatutan dan kelayakan Rabu (30/10) kemarin, Azis tak ingin menanggapi mengapa tak ada pertanyaan soal kasus serangan air keras yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan. Menurut Azis, hal-hal teknis yang berkaitan dengan Kapolri sebaiknya ditanyakan kepada Komisi III.

"Iya silakan nanti Komisi III, kewenangannya ada di teknis komisi hukum, kita pimpinan DPR gak boleh masuk ke wilayah teknis. Nanti waktu saya masih di Komisi III pasti komentar. Kalau saya dalam pimpinan DPR saya harus mengetahui borderline yang harus saya lakukan," tegasnya.

3. Idham Azis janji untuk menuntaskan kasus Novel

DPR Akan Tetapkan Idham Azis Sebagai Kapolri Hari IniDokumen Humas Polri

Sementara itu, Komjen Idham Azis telah menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan kasus serangan air keras yang menimpa Novel Baswedan.

“Saya nanti begitu dilantik, akan tunjuk Kabareskrim baru dan saya beri waktu untuk segera ungkap kasus,” kata Idham di kompleks parlemen, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Baca Juga: Uji Kelayakan Calon Kapolri, Ini Komitmen dan Program Idham Azis

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya