Ferdy Sambo Cs Dipindahkan ke Lapas Cibinong

Putri Candrawathi juga dipindahkan ke Lapas Tangerang

Jakarta, IDN Times - Terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal, dipindahkan ke Lapas Cibinong. Sementara terpidana lainnya, Putri Candrawathi dipindahkan ke Lapas Tangerang.

Eks Kadiv Propam Polri itu bersama Kuat dan Ricky sebelumnya dieksekusi ke Lembaga Permasyarakatan kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat. Sementara Putri Candrawathi dieksekusi ke Lapas Wanita Pondok Bambu

“Pada 29 Agustus Ferdy Sambo Cs dipindah ke Lapas Cibinong dan Putri Candrawati di Lapas Kelas IIa Tangerang dengan pertimbangan pembinaan,” kata Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Alasan Ferdy Sambo Batal Dihukum Mati: Berjasa pada Negara

1. Ferdy Sambo Cs dieksekusi ke penjara pada 24 Agustus 2023

Ferdy Sambo Cs Dipindahkan ke Lapas CibinongTerdakwa Kuat Maruf mengenakan rompi tahanan usai menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (26/10/2022). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sebelumnya, Ferdy Sambo, Kuat dan Ricky telah dieksekusi ke Lembaga Permasyarakatan kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat, pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Rika mengatakan, ketiganya tiba di Lapas Salemba pukul 17.00 WIB. Setelah itu, mereka melalui proses administrasi penerimaan, seperti pengecekan berkas dan pemeriksaan kesehatan.

"Mereka ditempatkan di kamar mapenaling (masa pengenalan lingkungan), penerimaan dilakukan kan sesuai SOP yang berlaku," ujar Rika saat dihubungi, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Ferdy Sambo, Kuat dan Ricky Rizal Dieksekusi ke Lapas Salemba Jakpus

2. Putri Candrawathi sebelumnya ditempatkan di kamar mapenaling

Ferdy Sambo Cs Dipindahkan ke Lapas CibinongTerdakwa Putri Candrawathi memasuki ruangan untuk menjalani sidang pembacaan duplik pada Kamis (2/2/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Putri Candrawathi juga dieksekusi ke Lapas Wanita Pondok Bambu pada Rabu, 23 Agustus 2023. Dia tiba di Lapas pada pukul 17.00 WIB dan langsung menjalani proses administrasi.

"PC ditempatkan di kamar mapenaling, penerimaan PC dilalukan sesuai SOP yang berlaku," ujar Rika.

Baca Juga: Mahfud MD Khawatir Ada Upaya Pengurangan Hukuman Ferdy Sambo 

3. MA sunat vonis para terpidana pembunuhan berencana Brigadir J

Ferdy Sambo Cs Dipindahkan ke Lapas CibinongSidang Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal: Pemeriksaan Saksi pada Rabu (2/11/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam perkara ini, Mahkamah Agung menyunat vonis Putri Candrawathi dari 20 menjadi 10 tahun penjara. Putusan itu kini pun telah berkuatan hukum tetap.

Selain Putri Candrawathi, MA juga memangkas vonis Ferdy Sambo dari hukuman mati menjadi pidana seumur hidup, Kuat Ma'ruf dati 15 menjadi 10 tahun penjara, dan Ricky Rizal daru 13 menjadi delapan tahun penjara.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya