Firli Bahuri Tak Kunjung Ditahan, Kapolda Metro: Perlu Taktik Strategi

‘Hari ini kalau memang bisa tahan ya saya tahan’

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto membeberkan alasan pihaknya belum menahan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri. Menurutnya, untuk melakukan penahanan terhadap tersangka adalah hal yang mudah.

Namun ia menegaskan, perlu taktik dan strategi agar efesien dan tidak membuang-buang waktu.

“Menahan itu gampang kok, hari ini kalau memang bisa tahan ya saya tahan. Tapi kan kita perlu taktik dan strategi yang tepat, sehingga nanti kita jangan buang-buang waktu,” ujar Karyoto dalam kegiatan rilis akhir tahun Polda Metro Jaya di BPMJ, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023).

1. Karyoto sebut penyidik masih mengumpulkan semua bukti

Firli Bahuri Tak Kunjung Ditahan, Kapolda Metro: Perlu Taktik StrategiKapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Karyoto menjelaskan, ada aturan yang harus tetap dijaga dalam menahan seorang tersangka agar tidak berlebihan. Ia menyebut, penahanan terhadap tersangka harus berlandaskan fakta.

Karena itu, saat ini penyidik Polda Metro Jaya tengah mengumpulkan bukti-bukti untuk dijadikan satu.

“Kalau berkembang nanti kami tidak mau dikatakan nyicil perkara. Kalau nyicil perkara itu, saya punya terhadap satu tersangka itu punya tuduhan. Satu saya selesaikan, nanti mau habis tambah satu lagi, itu tidak boleh,” tegas Karyoto.

Baca Juga: Kapolda Metro Irjen Karyoto Bantah Bertemu SYL: Pak Dirkrimsus Saksinya

2. Firli Bahuri diperiksa ketiga kalinya sebagai tersangka pemerasan SYL

Firli Bahuri Tak Kunjung Ditahan, Kapolda Metro: Perlu Taktik StrategiFirli Bahuri usai jalani pemeriksaan di Mabes Polri pada Kamis (16/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri ketiga kalinya memeriksa Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap SYL.

Firli diperiksa dengan 22 pertanyaan selama sekitar 10 jam sejak pukul 10.00 WIB hingga keluar dari Gedung Bareskrim pukul 20.30 WIB.

"Dalam pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahan terhadap tersangka pada hari ini, penyidik mengajukan sebanyak 22 (dua puluh dua) pertanyaan kepada tersangka FB," kata kataKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Baca Juga: Firli Bahuri Diperiksa 22 Pertanyaan Terkait Aset LHKPN

3. Firli kembali diperiksa soal aset yang tak tercantum di LHKPN

Firli Bahuri Tak Kunjung Ditahan, Kapolda Metro: Perlu Taktik StrategiFirli Bahuri menyatakan mundur dari KPK pada Kamis (21/12/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Adapun puluhan pertanyaan itu terkait harya kekayaan tersangka, istri, anak, dan keluarga yang tidak dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Di antaranya, aset yang berlokasi di Bantul dan Sleman), Sukabumi, Bogor, Bekasi dan juga di Jakarta.

Setelah menjalani pemeriksaan, Firli pun melenggang bebas keluar dari Bareskrim Polri. Tanpa kata, ia terus berjalan menerobos kerumunan awak media sampai akhirnya masuk ke dalam sebuah mobil.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya