Firli Diharapkan Islah dengan 44 Eks Pegawai KPK yang Jadi ASN Polri

Pelantikan 44 eks pegawai KPK akan digelar hari ini

Jakarta, IDN Times - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) berharap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri hadir saat pelantikan 44 mantan pegawai KPK menjadi ASN Polri pada hari ini, Kamis (9/12/2021) di Mabes Polri, Jakarta Selatan pukul 13.00 WIB.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan, surat permohonan tersebut dikirimkan secara daring melalui surat elektronik ke situs Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK.

"MAKI memohon kepada Bapak Firli Bahuri Ketua KPK untuk berkenan hadir pada saat pelantikan 44 mantan pegawai KPK menjadi ASN Bareskrim Polri," kata Boyamin lewat keterangan tertulisnya.

1. Kehadiran Firli Bahuri untuk islah dengan 44 eks pegawai KPK

Firli Diharapkan Islah dengan 44 Eks Pegawai KPK yang Jadi ASN PolriMantan penyidik KPK Novel Baswedan (tengah) bersama sejumlah mantan pegawai KPK memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti Sosialisasi Pengangkatan, Orientasi dan Pelatihan PNS Tahun 2021 di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Boyamin menerangkan, kehadiran Firli nantinya dapat dimaknai sebagai proses islah atau penyatuan kembali dan berdamai sebagai insan aparat negara pemberantasan korupsi yang selanjutnya bisa bersinergi dalam pemberantasan korupsi ke depannya.

Dalam surat tersebut, Boyamin juga menyampaikan, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK sebelumnya telah membuat 44 orang eks pegawai KPK berpindah ke Mabes Polri.

"Diakui atau tidak, suka atau tidak suka, telah menimbulkan jurang pemisah antara Pimpinan KPK dengan 44 orang tersebut, sehingga diperlukan kebesaran jiwa untuk islah atau berdamai kembali," kata Boyamin.

Baca Juga: Eks Pegawai KPK akan Dilantik Jadi ASN Polri Hari Ini

2. Maki menilai islah harus dimulai dari Firli Bahuri

Firli Diharapkan Islah dengan 44 Eks Pegawai KPK yang Jadi ASN PolriMantan penyidik KPK Novel Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti Sosialisasi Pengangkatan, Orientasi dan Pelatihan PNS Tahun 2021 di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Islah ini, kata Boyamin diperlukan demi kebaikan bangsa dan negara, terutama dalam upaya pemberantasan korupsi ke depannya.

Boyamin menyebutkan, islah ini semestinya dimulai dan diinisiasi oleh Ketua KPK Firli Bahuri sebagai pihak yang lebih tua, dan lebih tinggi jabatannya.

"Kami tidak memandang siapa yang benar dan siapa yang salah dalam kasus TWK," kata Boyamin.

Boyamin menambahkan, dengan dilantiknya 44 eks pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri ini, menjadi momen untuk menutup masa lalu dan membuka lembaran baru untuk bersinergi memberantas korupsi.

"Sekali lagi kami memohon kehadiran Bapak Firli Bahuri pada saat pelantikan ASN 44 eks KPK," tulis Boyamin.

3. 44 eks pegawai KPK akan dilantik jadi ASN Polri

Firli Diharapkan Islah dengan 44 Eks Pegawai KPK yang Jadi ASN PolriEks Pegawai KPK saat ikut sosialisasi menjadi ASN Polri. (Twitter.com/Nazaqistsha)

Sebelumnya, Polri melantik Novel Baswedan dan 43 eks pegawai KPK yang tidak lulus TWK menjadi ASN Polri pada Kamis (9/12/2021) di Mabes Polri. Proses pelantikan berlangsung tepat di momen Hari Antikorupsi Sedunia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan pelantikan mantan penyidik KPK, Novel Baswedan dkk akan dilaksanakan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Benar, upacara di Gedung Rupatama, Mabes Polri,” ujar Rusdi saat dikonfirmasi.

Baca Juga: KPK Ingatkan Jokowi soal 3 Ton Jeruk dari Warga Karo 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya