Comscore Tracker

Gerindra-Golkar Berkoalisi di Balikpapan Usung Duo Sabaruddin-Mas’ud!

Ada 4 partai yang memperebutkan Rahmad Mas’ud

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra dan Golkar akhirnya berkoalisi di Balikpapan setelah pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada 6 Juli 2020.

Gerindra mengumumkan calon Wakil Wali Kota Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle, untuk disandingkan dengan calon Wali Kota dari Partai Golkar, Rahmad Mas’ud.

“Kami mengusung Rahmad Mas’ud sebagai calon Wali Kota dan Sabaruddin Panrecalle sebagai calon Wakil Wali Kota,” Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, dikutip ANTARA, Kamis (23/7/2020).

1. Sabaruddin diusung Partai Gerindra berdasarkan keputusan DPP

Gerindra-Golkar Berkoalisi di Balikpapan Usung Duo Sabaruddin-Mas’ud!Anggota DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, Senin (6/7/2020). IDN Times/Haikal

Sabaruddin menjelaskan, pencalonan dirinya merupakan tugas partai dan merupakan keputusan DPP Gerindra. Namun jika ada partai lain yang mengumumkan calon Wali Kota Rahmad Mas’ud berpasangan dengan kader partai tersebut, keputusannya akan dikembalikan pada DPP.

“Karena (maju di pencalonan) ini instruksi dari DPP,” kata Sabaruddin.

Baca Juga: Selain Bobby Nasution, 16 Calon Kepala Daerah Dijagokan Golkar Sumut 

2. Ada 4 partai merebutkan Rahmad Mas’ud

Gerindra-Golkar Berkoalisi di Balikpapan Usung Duo Sabaruddin-Mas’ud!IDN Times / Hilmansyah

Namun demikian, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan itu juga mengungkapkan bahwa dirinya sudah menjalin komunikasi dengan Rahmad Mas’ud dan sejumlah partai lain yang juga mengusung Rahmad.

Diketahui sebelumnya, partai-partai tersebut adalah PKS, Demokrat, bahkan juga PDIP yang memasangkan Rahmad Mas’ud dengan kadernya, Thohari Aziz, yang juga salah satu Wakil Ketua di DPRD Balikpapan.

Pilkada Balikpapan akan dilangsungkan pada 9 Desember 2020, serentak dengan Pilkada di Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Berau, dan Kutai Timur, serta Paser.

3. Gerindra-Golkar sepakat berkoalisi di beberapa daerah

Gerindra-Golkar Berkoalisi di Balikpapan Usung Duo Sabaruddin-Mas’ud!IDN Times / Hilmansyah

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertandang ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (6/7/2020). Hasil pertemuan tersebut, Gerindra dan Golkar sepakat berkoalisi di beberapa daerah untuk Pilkada 2020.

“Di beberapa tempat kita cocok, di beberapa tempat kita setuju untuk berbeda, tidak ada masalah ini demokrasi Indonesia yang penuh kekeluargaan, persaingan perbedaan tapi di ujungnya kita semua komit pada peraturan bangsa, komitmen pada kepentingan bangsa, rakyat,” kata Prabowo dalam jumpa persnya, Senin sore.

Baca Juga: PDIP-Gerindra Bersatu, Keponakan Prabowo Maju Pilkada Tangsel!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya