Hadiri Pemeriksaan Kejagung, Menkominfo Jhonny Plate Bungkam

Jhonny tiba di Kejagung pukul 8.50 ditemani pengacara

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, memenuhi panggilaman pemeriksaan dari Kejaksaan Agung (Kejagung) pada hari ini, (15/3/2024).

Pantauan IDN Times di lokasi, Johnny yang berbaju batik bercorak coklat tampak tiba di Gedung Bundar, Kejagung, pada pukul 08.50 WIB.

Ditemani pengacaranya, sekretaris jendral (Sekjen) NasDem itu juga terlihat membawa sejumlah berkas dengan menggunakan map berwarna biru.

Kendati demikian, dirinya tidak menjawab satupun pertanyaan yang dilontarkan awak media.

1. Kejagung bakal dalami kemungkinan Jhonny jadi tersangka

Hadiri Pemeriksaan Kejagung, Menkominfo Jhonny Plate BungkamDirektur Penyidikan Kejaksaan Agung, Kuntadi (Irfan Fathurohman/IDN Times)

Dalam pemeriksaan kali ini, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejagung Kuntadi mengatakan, Kejagung bakal mendalami kemungkinan Menteri Plate jadi tersangka.

“Terkait dengan kapasitas beliau apakah jadi tersangka atau tidak, kita masih mendalami oleh katena itu hasil pemeriksaan pertama setelah kita evaluasi ternyata masih perlu dilakukan pendalaman-pendalaman, hari Rabu besok untuk cari bukti, konfirmasi alat bukti yang lain yang kita kumpulkan,” kata Kuntadi di Kejagung pada Senin, 13 Maret 2023.

Oleh karena itu, ia akan dimintai penjelasan terkait pengawasan dan pertanggungjawaban sebagai pengguna anggaran di Kominfo.

“Di mana kita tahu, di dalam perkara ini, terdapat kemahalan dan kemahalan tersebut berasal dari hasil permufakatan jahat. Jadi kita ingin tahu sejauh mana sih fungsi-fungsi pengawasan itu dilaksanakan,” kata dia.

Baca Juga: Kejagung Kembali Periksa Menkominfo Jhonny Plate Hari Ini

2. Kejagung juga dalami fasilitas yang didapat adik Menkominfo Jhonny

Hadiri Pemeriksaan Kejagung, Menkominfo Jhonny Plate BungkamMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Selain meminta penjelasan terkait pengawasan dan tanggungjawab, Kejagung juga bakal mendalami soal fasilitas yang dinikmati adiknya, Gregorius Alex Plate (GAP).

"Kita juga ingin tahu fasilitas yang telah dinikmati oleh Saudara GAP adik yang bersangkutan, apakah itu terkait dengan jabatan yang bersangkutan atau tidak," ujar Kuntadi.

3. Jhonny sudah diperiksa pada Selasa, 14 Februari

Hadiri Pemeriksaan Kejagung, Menkominfo Jhonny Plate BungkamMenkominfo Johnny G. Plate (kiri) sebelum melepas Mudik Bareng Kominfo 2022, dari halaman depan Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (28/04/2022) (Dok. Humas Kemkominfo)

Menkominfo sebelumnya telah diperiksa di Kejagung, Jakarta, Selasa (14/2/2023). Saat itu, beberapa hal yang didalami adalah seputar pengawasan yang dilakukannya sebagai Menkominfo, termasuk soal pengawasan terhadap Badan Layanan Unit (BLU) yang ada di kementeriannya.

"Selanjutntya, mengapa beliau kita panggil sebagai saksi tentunya lebih karena kapasitas beliau menteri, Menkominfo, untuk mengetahui sejauh mana pengawasan pengendalian kegiatan BLU yang berada di bawah tanggung jawabnya," ujar Kuntadi di Kejagung, Jakarta, Selasa.

Menurutnya, Johnny masih diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi. Saat itu, Johnny dicecar 51 pertanyaan.

Dalam kesempatan itu, Johnny mengaku telah menjawab semua pertanyaan secara rinci dan penuh tanggung jawab.

Johnny juga menekankan bahwa dirinya siap untuk diperiksa kembali apabila penyidik Kejagung masih membutuhkan keterangan darinya.

"Saya telah memberikan keterangan atas pertamyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para penyidik Kejagung Republik Indonesia," ujar Johnny di Kejagung usai pemeriksaan pertama.

Baca Juga: Menkominfo Akan Diperiksa Lagi, Ada Indikasi Mufakat Jahat Korupsi BTS

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya