Hasil Lie Detector Putri Dirahasiakan, Polri Cuma Sebut Alatnya Akurat

Polri tidak mengumumkan hasil tes poligraf Putri Candrawathi

Jakarta, IDN Times - Tim Khusus (Timsus) Polri telah merampungkan pemeriksaan memakai alat pendeteksi kebohongan atau lie detector terhadap tersangka Putri Candrawathi dan asisten rumah tangga (ART) Susi, dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Namun demikian, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo tidak mengumumkan hasil tes Putri dan Susi, apakah keduanya jujur atau tidak. Dedi hanya mengatakan, alat pendeteksi kebohongan yang digunakan Polri memiliki akurasi sebesar 93 persen.

“Dengan tingkat akurasi 93 persen itu pro Justitia. Kalau di bawah 90 persen itu tidak masuk dalam ranah pro justitia," kata Dedi saat jumpa pers di Gedung TNCC Mabes Polri, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Polri Tak Umumkan Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi, Kenapa?

1. Hasil tes poligraf bisa jadi barang bukti di persidangan

Hasil Lie Detector Putri Dirahasiakan, Polri Cuma Sebut Alatnya Akuratilustrasi hasil poligraf (freepik.com/standret)

Dedi menjelaskan, hasil uji tingkat kejujuran ini nantinya bisa dijadikan barang bukti di persidangan. Adapun hasil tes poligraf itu akan disampaikan langsung penyidik.

"Kalau masalah pro justitia berarti hasilnya diserahkan ke penyidik. Penyidik yang berhak mengungkapkan kepada teman-teman, termasuk penyidik juga akan menyampaikan ke persidangan. Karena poligraf tersebut bisa masuk ke dalam satu 84 KUHAP ya alat bukti, selain petunjuk juga masuk ke keterangan ahli," beber Dedi.

2. Polri klaim alat tes poligraf terverifikasi standar dunia

Hasil Lie Detector Putri Dirahasiakan, Polri Cuma Sebut Alatnya AkuratTersangka pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, saat rekonstruksi ulang di rumah dinas, Duren Tiga, Selasa (30/8/2022). (IDN Times/Irfan Faturahman)

Dedi menjelaskan, poligraf yang dimiliki Polri telah memenuhi standar dunia. Dia memastikan, alat lie detector Polri sudah terverifikasi.

"Dan alat poligraf yang digunakan oleh Labfor kita ini semuanya sudah ya terverifikasi, dan juga sudah terverifikasi baik ISO maupun dari perhimpunan poligraf dunia," katanya.

3. Hasil tes 3 tersangka dinyatakan jujur

Hasil Lie Detector Putri Dirahasiakan, Polri Cuma Sebut Alatnya AkuratAjudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Timsus telah melakukan tes poligraf terhadap tiga tersangka lainnya. Mereka adalah Bharada E, Bripka RR dan Kuat Ma’ruf.

“Barusan saya dapat hasil sementara uji poligraf terhadap RE, RR dan KM, hasilnya ‘No Deception Indicated’ alias jujur,” ujar Direktur Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi saat dihubungi, Selasa (6/9/2022).

Sementara itu, tersangka Ferdy Sambo baru akan menjalani tes poligraf pada Kamis (8/9/2022) di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Ketua LPSK: Bharada E Emosi, Keterangan Tersangka saat Reka Ulang Beda

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya