Polri Tak Umumkan Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi, Kenapa?

Padahal Polri sebelumnya umumkan hasil tes 3 tersangka

Jakarta, IDN Times - Tim khusus (Timsus) Polri telah melakukan tes poligraf terhadap istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dan asisten rumah tangga Putri, Susi, menggunakan alat pendeteksi kebohongan (lie detector) terkait kasus pembunuhan Brigadir J. Hasilnya, kata Timsus, sama.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pemeriksaan dengan metode lie detector ini demi menjujung pro justitia atau demi keadilan. Namun demikian, Dedi tidak mengumumkan hasil pemeriksaan secara detail dengan alasan materi penyidik.

"Hasil poligraf setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan juga operator poligraf bahwa hasil poligraf atau lie detector itu adalah pro justitia," kata Dedi di Gedung TNCC, Mabes Polri, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Deretan Pengakuan Putri Candrawathi soal Dugaan Pelecehan Brigadir J

1. Polri klaim alat tes poligraf terverifikasi standar dunia

Polri Tak Umumkan Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi, Kenapa?ilustrasi hasil poligraf (freepik.com/standret)

Dedi menjelaskan, poligraf yang dimiliki Polri telah memenuhi standar dunia. Dia memastikan, lie detector Polri sudah terverifikasi.

"Dan alat poligraf yang digunakan oleh Labfor kita ini semuanya sudah terverifikasi, baik ISO maupun dari perhimpunan poligraf dunia," katanya.

2. Hasil poligraf 3 tersangka dinyatakan jujur

Polri Tak Umumkan Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi, Kenapa?Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara, hasil pemeriksaan tes poligraf menggunakan lie detector terhadap Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma’ruf dinyatakan no deception indicated alias jujur.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, hasil poligraf akan menjadi petunjuk baru kasus pembunuhan Brigadir J.

“Barusan saya dapat hasil sementara uji poligraf terhadap RE, RR dan KM, hasilnya ‘No Deception Indicated’ alias jujur,” ujar Andi saat dihubungi, Selasa (6/9/2022).

3. Ferdy Sambo akan jalani tes poligraf Kamis

Polri Tak Umumkan Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi, Kenapa?Tersangka pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, saat rekonstruksi ulang di rumah dinas, Duren Tiga, Selasa (30/8/2022). (IDN Times/Irfan Faturahman)

Sementara Ferdy Sambo dijadwalkan ulang menjalani tes poligraf pada Kamis (8/9/2022). Pemeriksaan akan digelar di Pusat Laboratorium (Puslabfor) Polri di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Untuk FS akan dilaksanakan hari Kamis,” ujar Andi.

Baca Juga: Klarifikasi Ketua Komnas HAM Usai Viral Sebut Ferdy Sambo Bos Mafia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya