Hindari Kawasan Monas! Jalan Ditutup karena Aksi Buruh

Jalan Merdeka Barat bakal ditutup

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk mengamankan aksi May Day di kawasan Patung Kuda Arjun Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024),

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro, menyatakan rekayasa lalu lintas bersifat sistuasional mengikuti situasi di lapangan.

"Sementara itu, untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan," kata Susatyo.

1. Beberapa ruas jalan akan ditutup saat buruh datang

Hindari Kawasan Monas! Jalan Ditutup karena Aksi BuruhMayday Fiesta 2023 pada Senin (1/5/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Kapolsek Metro Gambir ini menuturkan jika buruh sudah mulai datang ke kawasan Patung Kuda Indosat maka ada beberapa jalur yang akan ditutup. Sehingga, masyarakat yang hendak melintas di sekitar Monas agar mempertimbangkan mencari jalur alternatif demi menghindari kemacetan.

"Tidak ada anggota yang membawa senjata api maupun sangkur. Semua perintah dan kendali dari saya. Tidak ada gerakan tambahan lainnya yang bersifat pribadi. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan baik dan humanis," katanya.

Baca Juga: Demo Buruh May Day Depan Istana Hari Ini, Jokowi Kunker ke Daerah

2. Berikut ini jalan yang bakal ditutup dan dialihkan

Hindari Kawasan Monas! Jalan Ditutup karena Aksi BuruhMassa aksi demo kawal Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat membubarkan diri, Senin (22/4/2024) sore. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

1. Traffic Light (TL) Harmoni yang mengarah ke Jalan Merdeka Barat ditutup dialihkan ke Jl. Kesehatan.

2. Jl. Perwira yang mengarah Jl. Merdeka Utara ditutup, jalur dialirkan ke arah Istiqlal dan Lapangan Banteng.

3. Jl. Merdeka Barat depan Gedung Sapta Pesona ditutup.

"Kepada seluruh personel yang terlibat Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis,” ujar Susatyo.

3. Polda Metro kerahkan 3.454 personel untuk mengawal aksi May Day

Hindari Kawasan Monas! Jalan Ditutup karena Aksi BuruhKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam pengamanan aksi ini, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.454 personel. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menyatakan aksi buruh akan dilakukan di Stadion Madya Senayan hingga Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Ada 3.454 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan hari buruh," ujarnya, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Ada Demo Hari Buruh, KAI Ubah Operasional 12 KA Layanan Daop 1

Topik:

  • Satria Permana
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya