Holywings Kemang Ditutup 3 Hari Gegara Langgar PPKM

Satpol PP ancam membekukan izin usaha Holywings

Jakarta, IDN Times - Satpol PP DKI Jakarta akhirnya menutup restoran Holywings Tavern, di Kemang, Jakarta Selatan setelah video razia protokol kesehatan viral di media sosial, Sabtu (4/9/2021) malam.

Holywings ditutup sementara karena terbukti menimbulkan kerumuman dan melanggar PPKM Level 3.

“Tempat Usaha Holywing Kemang, dikenakan sanksi Penutupan Sementara 3x24 jam oleh Petugas Satpol PP DKI Jakarta, Minggu (5/9/2021) setelah ditemukan terjadi pelanggaran ketentuan PPKM level 3 pada Sabtu Malam (4/9/2021),” demikian pernyataan tertulis Satpol PP di akun Twitter @SatpolPP_DKI, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Viral Holywings Kemang Dirazia Gegara Timbulkan Kerumunan Saat PPKM

1. Satpol PP ancam membekukan izin usaha Holywings

Holywings Kemang Ditutup 3 Hari Gegara Langgar PPKMSatpol PP DKI Jakarta tutup sementara Holywings Kemang setelah melanggar protokol kesehatan. (twitter.com/SatpolPP_DKI)

Satpol PP juga mengancam akan memberi sanksi pembekuan izin usaha sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2020 dan Pergub Nomor 3 Tahun 2021 jika Holywings melakukan pelanggaran kembali.

“Akan diberlakukan kepada manajemen Holywings apabila kembali ditemukan melakukan pelanggaran ketentuan usaha di masa pandemi," ujar Satpol PP.

2. Video razia Holywings Kemang viral di media sosial

Holywings Kemang Ditutup 3 Hari Gegara Langgar PPKMKerumunan di Holywings, Jakarta Selatan, dibubarkan aparat (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, kafe yang dikenal sebagai lokasi hiburan malam, Holywings Tavern, di Kemang, Jakarta Selatan, mendadak viral setelah video razia protokol kesehatan beredar di media sosial.

Dari video yang beredar tersebut tampak aparat gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP membubarkan kerumunan pengunjung di Holywings Tavern. 

Saat aparat membubarkan kerumunan di Holywings, sebagian pengunjung tampak berdesakan dan berusaha keluar dari restoran tersebut.

Terdengar suara perekam video yang diperkirakan merupakan petugas. Perekam tampak kecewa dengan padatnya pengunjung Holywings.

"Holywings Kemang ini. Kapan selesai (COVID-19 di) negeri ini?” ucap perekam video.

"Anak mudanya gak mau kerja sama. Tidak ada anak mudanya yang mau kerja sama menghapus COVID. Lihatlah anak mudanya ini," dia menambahkan.

Lalu terdengar suara petugas yang berteriak 'pulang' kepada pengunjung Holywings.

3. Polisi benarkan ada razia di Holywings

Holywings Kemang Ditutup 3 Hari Gegara Langgar PPKMKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan pembubaran di Holywings Tavern. Yusri mengatakan, razia ini dilakukan kemarin malam, Sabtu (4/9/2021).

"Iya (razia itu saat) Sabtu malam, (atau) malam Minggu kita lakukan razia prokes," kata Yusri saat dikonfirmasi.

Yusri menambahkan, operasi yustisi seperti razia akan terus dilakukan. Dia mengatakan, operasi yustisi akan menyasar tempat hiburan.

"Jadi ada dua. Operasi yustisi bersama-sama untuk penegakan hukum terhadap pelanggar prokes khususnya tempat hiburan yang melanggar, seperti melebihi kapasitas yang ditetapkan dalam aturan PPKM level tiga, kemudian juga melebihi jam malam semua, kita akan tindak," ucap Yusri.

Baca Juga: Viral Dokter Tirta Nongkrong di Holywings, Ini Penjelasannya Keduanya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya