IPW Rekomendasikan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Jadi Wakapolri

IPW juga sodorkan Irjen Fadil Imran jadi Kabareskrim

Jakarta, IDN Times - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono bakal memasuki masa pensiun pada 28 Juni 2023. Indonesia Police Watch (IPW) merekomendasikan, pengganti Wakapolri adalah jenderal bintang tiga senior yang harus mampu mengonsolidasi internal Polri untuk tetap solid.

IPW pun menyodorkan nama Kabareskrim, Komjen Agus Andrianto, sebagai sosok yang tepat untuk menjadi Wakapolri.

“Bila posisi Wakapolri diisi oleh Komjen Agus Andrianto, maka posisi Kabareskrim yang lowong tepat diisi oleh Irjen Fadil Imran. Kapolda Metro yabg memang keahliannya adalah reserse,” kata Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga: Ada Wakapolri dan Irwasum, Ini 7 Jenderal Polisi yang Pensiun 2023

1. Sosok Wakapolri diharapkan bisa diterima semua angkatan

IPW Rekomendasikan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Jadi WakapolriIDN Times/Aris Darussalam

Sugeng menjelaskan, Wakapolri menjadi perhatian karena posisi Kapolri yang dijabat Jenderal Listyo sigit Prabowo merupakan Akpol 1991. Sementara itu, beberapa pejabat utama Polri lebih senior, sehingga membutuhkan peran senior.

“Selain itu, performa Komjen Gatot yang sederhana dan humanis serta dapat diterima oleh semua angkatan dan kalangan, harus mampu diduplikasi oleh Wakalpolri yang akan menggantikannya,” ujar dia.

2. IPW juga menyodorkan nama Komjen Rycko

IPW Rekomendasikan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Jadi WakapolriANTARA FOTO/Bambang Dwi Marwoto

Selain Komjen Agus, IPW juga menyodorkan nama lainnya. Ia adalah Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel.

“Benar, Komjen Rycko angkatan 88 peraih Adhi Makayasa dan Komjen Agus angkatan 89, sehingga diharapkan dapat menjaga soliditas internal,” kata dia.

Baca Juga: Mantan Kabareskrim Dilantik Jadi Ketua Badan Narkoter Perindo

3. Wakapolri hingga Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli pensiun tahun ini

IPW Rekomendasikan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Jadi WakapolriBNPT gelar kesiapsiagaan masyarakat terhadap ancaman terorisme (dok. BNPT)

Berdasarkan catatan, ada enam perwira Polri berpangkat Komjen yang akan memasuki masa pensiun tahun ini. Mereka adalah Wakil Kepala Polri (Wakapolri), Komjen Pol, Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Kemudian, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Petrus Reinhard Golose; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar; Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komjen Pol Luki Hermawan; serta Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revandoko. 

Masa pensiun anggota Polri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2003, tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sebagaimana termaktub dalam aturan itu, batas maksimum seorang personel Polri adalah pada usia 58 tahun. Hal itu diatur dalam Pasal 3 Ayat (2). Masih dalam pasal tersebut, Ayat (3) mengatur soal anggota Polri yang pensiun diberikan kesempatan selama satu tahun untuk masa persiapan pensiun. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya