Istana Bakal Menerima Delegasi Aksi Buruh May Day 2024

Presiden Partai Buruh sebut akan ditemui Pratikno, Moeldoko

Jakarta, IDN Times - Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal memastikan aksi May Day 2024 ini akan diterima oleh pihak Istana. Setelah itu, ribuan buruh bergerak dari Patung Kuda Arjun Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat menuju Gelora Bung Karno (GBK).

Adapun pihak Istana yang akan menerima delegasi aksi May Day ini adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

“Katanya Mensesneg dan Kepala Staf kepresidenan ksp akan menerima delegasi. Kemungkinan ya. Kita sedang menunggu kabar lebih lanjut ya nanti setelah delegasi nanti diterima sebagian perwakilan seluruh massa bergerak ke Stadion Madya Senayan,” kata Said Iqbal di Patung Kuda.

Ada dua tuntutan utama yang jadi fokus di demo buruh May Day ini. Pertama adalah cabut Omninus Law UU Cipta Kerja, kedua adalah Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah (HOSTUM).

"Dua isu ini yang menjadi persoalan buruh dalam lima tahun terakhir," kata Said Iqbal.

Ada beberapa alasan utama kenapa dua tuntuan ini dijadikan fokus di May Day 2024. Kontrak berulang, pesangon murah, mudahnya perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pengaturan cuti, dan maraknya tenaga kerja asing jadi alasan utama.

"Oleh karena itu, kami meminta dukungan rekan-rekan media untuk bisa mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, upah murah, dan outsourcing ini," kata Said Iqbal.

Baca Juga: Rute Massa Aksi Demo Buruh 2024, Lewati Sarinah Menuju GBK

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya