Jaksa Agung Dukung Kelanjutan Proyek BTS Kominfo

Jaksa Agung pastikan proyek BTS tidak ganggu proses hukum

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung menyatakan mendukung imbauan Presiden Joko “Jokowi” Widodo kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melanjutkan proyek BTS Kominfo.

Dukungan tersebut disampaikan Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin saat menerima kunjungan silaturahmi sekaligus konsultasi Menkominfo di Kejagung, Senin (24/7/2023).

“Ke depannya, kita akan sangat mendukung agar proyek ini dapat selesai tepat waktu, tepat mutu dan tepat manfaat karena diperuntukkan oleh masyarakat luas khususnya di kawasan 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) agar mendapatkan akses informasi digital yang sama dengan daerah lain,” ujar Jaksa Agung lewat keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Jaksa Agung Usul Bentuk Tim Kecil Asistensi Percepatan Proyek BTS 

1. Jaksa Agung pastikan proyek BTS tidak akan mengganggu proses hukum

Jaksa Agung Dukung Kelanjutan Proyek BTS Kominfoilustrasi tower BTS BAKTI Kominfo (IDN Times/Anata)

Jaksa Agung menegaskan pelaksanaan percepatan pembangunan BTS 4G yang sebelumnya mangkrak tidak akan mengganggu proses hukum yang sedang berjalan. Sebab, perkara sudah voltoid (selesai) dan sudah dilakukan audit serta pemeriksaan lapangan setempat.

“Kejaksaan Agung dan Kementrian Komunikasi dan Informatika berkomitmen agar proyek tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Jaksa.

Baca Juga: Jaksa Tolak Eksepsi Terdakwa BTS Kominfo Galumbang Menak

2. Jaksa Agung sarankan pembentukan tim percepatan audit

Jaksa Agung Dukung Kelanjutan Proyek BTS Kominfoilustrasi tower BTS BAKTI Kominfo (IDN Times/Anata)

Jaksa Agung juga menyarankan agar dibentuk tim kecil untuk asistensi percepatan audit, kontrak, pelelangan, dan pelaksanaannya sambil menunggu tim yang akan dibentuk oleh Presiden. Nantinya, laporan dari time kecil itu bisa jadi rujukan atau masukan bagi Satgas Percepatan Ekosistem Digital.

“Dalam pertemuan silaturahmi sekaligus konsultasi tersebut, Kejaksaan RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki komitmen yang sama untuk menyelamatkan Proyek Strategis  Nasional agar tidak menimbulkan kerugian yang semakin besar, serta akan dilakukan komunikasi secara efektif oleh tim yang akan segera dibentuk,” ujarnya.

Baca Juga: Cerita Menkominfo Budi Arie Jadi Korban Judi Online

3. Menkominfo pastikan proyek BTS Kominfo terus berlanjut

Jaksa Agung Dukung Kelanjutan Proyek BTS KominfoMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menkominfo pun memastikan proyek BTS Kominfo akan terus berlanjut. Ia berharap ada pendampingan Kejagung terkait kontrak proyek.

“Harus jalan terus proyek BTS ini harus jalan terus harus terwujud karena ini menyangkut nasib rakyat,” ujarnya di Kejagung.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya