Jamu Ketua Fraksi Makan Siang, Golkar Lobi Kursi Ketua MPR RI

Fraksi PKS absen, Gerindra ajukan Muzani

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar terus melakukan lobi-lobi politiknya dengan pimpinan fraksi untuk merebut kursi ketua MPR RI. Golkar telah mengusung  mantan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, untuk menempati kursi ketua MPR RI yang akan diambil keputusannya pada sidang paripurna MPR, Kamis (3/10).

Golkar membenarkan jika telah menggelar makan siang bersama pimpinan fraksi MPR. Namun, Fraksi PKS absen dari undangan tersebut.

“Kita ini mau menyamakan persepsi kita, khusus untuk pemilihan pimpinan MPR, kita mau dengan cara bermusyawarah dulu,” kata Ketua Fraksi Golkar Zainudin Amali, saat dihubungi, Rabu (2/10).

Dalam diskusinya, kata Amali, Bambang Soesatyo menyatakan diri kepada fraksi-fraksi tentang keinginan dirinya maju sebagai ketua MPR RI. Komunikasi ini adalah cara musyawarah membangun komunikasi politik yang baik agar sepemahaman.

“Saya kira karena Fraksi Partai Golkar ada calonnya, maka tentu calon ini harus kita komunikasikan kepada fraksi-fraksi lain. Itu sesuatu yang lumrah saja. Namanya kita berkomunikasi politik, kan itu siapa saja. Semua kita undang, gak ada yang kita batas-batasi,” kata dia.

Menurut Amali, dalam pertemuan tersebut Golkar juga menyampaikan, tidak penting soal siapa yang maju sebagai ketua MPR, namun ada hal yang lebih besar terkait agenda-agenda ke depan.

“Maka kita harus dari awal sudah ada kesepahaman. Jadi bukan hanya urusan siapa jadi ketua, siapa wakil ketua, tetapi agenda-agenda besar ke depan itu juga yang harus kita diskusikan,” ujar dia.

Dari fraksi yang hadir, Amali mengklaim, semua fraksi mengapresiasi maksud pria yang akrab disapa Bamsoet itu. Mereka juga mendukung Bambang Soesatyo jadi ketua MPR RI, kecuali Gerindra.

“Karena Gerindra, mereka menyampaikan bahwa mereka juga mempersiapkan calon. Ada Pak Muzani. Itu bagus, menurut kami gak ada masalah ya, disampaikan seperti itu kan gak ada hal yang kita tutup-tutupi. Semua terbuka, semua bisa mendengarkan, dan Gerindra juga berprinsip sebisa mungkin kita usahakan, ini akan kita capai dengan musyawarah mufakat,” tutur dia.

Baca Juga: Sah! Instiawati Ayus Ketua Fraksi DPD untuk Pimpinan MPR

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya