Kampanye di Papua, Prabowo Klaim Dirinya Sering Difitnah

Prabowo menyeru pendukungnya untuk hidup rukun

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pesan damai kepada pendukungnya saat berkampanye di Lapangan Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Senin (25/3).

"Kita boleh berbeda agama, boleh berbeda suku, boleh berbeda bahasa tapi kita harus ingat, kita harus hidup mencari yang baik, hidup yang baik untuk anak-anak dan cucu cucu kita," kata Prabowo dalam keterangan tertulis.

1. Prabowo mengimbau pendukungnya untuk bertoleransi

Kampanye di Papua, Prabowo Klaim Dirinya Sering DifitnahIDN Times/istimewa

Prabowo mengatakan kerukunan akan tercipta dengan hidup penuh toleransi dan saling menghargai. Sehingga, persatuan dan kesatuan bangsa pun akan terjalin. Karena itu ia meminta pendukungnya menahan diri dan tidak terpancing emosi. 

"Tidak mungkin kita bisa hidup baik kalau kita tidak hidup rukun. Kita harus selalu saling menghargai, saling mengasihi, saling membela, saling menjunjung tinggi dan kita harus menjaga perasaan kita. kita harus sering menahan diri, sering kita harus mengalah, sering kita harus menjaga perasaan orang lain," paparnya.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Jokowi Selisih 18 Persen dari Prabowo

2. Prabowo mengklaim dirinya kerap difitnah

Kampanye di Papua, Prabowo Klaim Dirinya Sering DifitnahIDN Times/istimewa

Prabowo mengklaim dirinya kerap difitnah dan dihina oleh pihak-pihak yang tidak menyukainya. Tetapi, dirinya selalu berusaha menahan diri dengan tidak membalas fitnah tersebut. 

"Saya sering diejek, saya sering dihina, saya sering difitnah tapi saya menahan diri. Saya menahan diri, saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa, yang benar adalah benar yang tidak benar adalah tidak benar," ucap Prabowo.

3. Lagu 'Sio Mama' mentutup kampanye Prabowo di Merauke

Kampanye di Papua, Prabowo Klaim Dirinya Sering DifitnahIDN Times/istimewa

Prabowo ikut menyanyikan lagu berjudul 'Sio Mama' sebelum menutup kampanye. Lagu tersebut cukup populer bagi masyarakat Indonesia Timur, meskipun liriknya menggunakan bahasa Ambon.

Saat menutup pidatonya, Prabowo meminta dan mengajak masyarakat Kabupaten Merauke yang hadir bernyanyi bersama. Lagu 'Sio Mama' dinyanyikan untuk mengenang jasa para ibu yang telah mengasuh anak-anaknya untuk menjadi orang yang berarti.

"Mari kita bernyanyi bersama sebagai bentuk penghormatan kita kepada ibu kita, mari kita bernyanyi Sio Mama," pinta Prabowo.

4. Prabowo berkampanye di Papua ditemani bekas Bupati Marauke John Gluba

Kampanye di Papua, Prabowo Klaim Dirinya Sering DifitnahIDN Times/istimewa

Bersama dengan tokoh masyarakat Papua yang juga merupakan mantan Bupati Merauke yakni John Gluba Gebze dan tim badan pemenangan nasional dan daerah serta kader-kader parpol koalisi, Prabowo menyanyikan lagu 'Sio Mama' dengan lantang.

"Sio mamae, Beta rindu mo pulange. Sio mamae, mama su lia kurus lawange," senandung Prabowo bersama tim pemenangnya.

Sebelumnya, saat membuka kampanye di lapangan Mandala, Kabupaten Merauke, Prabowo dan para tim pemenangnya juga menyanyikan lagu 'Dari Sabang Sampai Merauke'.

Baca Juga: Kampanye di Bali Besok, Prabowo Bakal Jawab Tudingan Dirikan Khilafah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya