Kemendikbudristek Didesak Batalkan Renovasi Ruang Kerja Nadiem Rp6,5 M

Renovasi di Kemendikbudristek dinilai tak urgen

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Muda PAN, Dimas Prakoso Akbar, mendesak Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membatalkan rencana renovasi ruang kerja Menteri Nadiem Makarim dan ruang lainnya. Renovasi itu disebut dalam sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kemendikbudristek memiliki pagu mencapai Rp6,5 miliar, sedangkan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) sebesar Rp5,3 miliar.

Dimas menyebut Nadiem seharusnya lebih sensitif terhadap situasi pandemik yang saat ini belum berakhir. Apalagi pendidikan adalah salah satu sektor yang paling terdampak pandemik COVID-19. 

"Pendidikan adalah sektor yang paling terdampak pandemi COVID-19, sedang renovasi ruang kerja bersifat pribadi dan tidak ada manfaat apa pun kepada masyarakat di sektor pendidikan," ujar Dimas dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/9/2021).

1. Renovasi Kemendikbud tidak memiliki urgensi

Kemendikbudristek Didesak Batalkan Renovasi Ruang Kerja Nadiem Rp6,5 MIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Dimas mengatakan PPKM masih diberlakukan dan perkantoran belum beroperasi dalam kapasitas penuh. Sehingga, menurutnya, rencana renovasi ruang kerja dan ruang rapat sama sekali tidak memiliki urgensi.

Ia mengatakan rencana renovasi ini menjadi catatan rentetan kontroversi Kemendikbudristek di era Nadiem. 

“Kemdikbud di era Nadiem cenderung menuai kontroversi dibanding inovasi. Belum lama ini ramai pembubaran BSNP, kemudian Permendikbud tentang Dana BOS, lalu sekarang tentang anggaran renovasi ruang rapat dan ruang kerja. Sebagai perwakilan generasi milenial di kabinet, publik sangat menanti menteri Nadiem menerapkan kebijakan inovatif ala millennial, bukan malah bernuansa kolonial,” kata Dimas.

Baca Juga: Mengenal BSNP, Lembaga yang Dibubarkan Nadiem Makarim

2. Kemendikbudristek sebut renovasi dilakukan bukan hanya di ruang kerja Nadiem

Kemendikbudristek Didesak Batalkan Renovasi Ruang Kerja Nadiem Rp6,5 MKemendikbud Ristek terus mematangkan persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi murid dan guru. (Dok. Kemendikbud Ristek)

Sementara itu, Kemendikbudristek menjelaskan renovasi akan dilakukan pada keseluruhan lantai dua Gedung A Kemendikbudristek. Rencana renovasi itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 yang mengamanatkan penggabungan unsur riset dan teknologi ke dalam Kemendikbud.

“Renovasi yang dilakukan pada keseluruhan lantai dua Gedung A Kemendikbudristek yang dilakukan bukan untuk ruangan menteri tetapi keseluruhan lantai,” ujar Plt Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto, dikutip dari ANTARA.

3. Alasan Kemendikbudristek akan renovasi lantai dua Gedung A

Kemendikbudristek Didesak Batalkan Renovasi Ruang Kerja Nadiem Rp6,5 MMenteri Pendirikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem ditemui usai menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional, di Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (25/11). IDN Times/Margith Juita Damanik

Dia menambahkan penggabungan menjadi Kemendikbudristek menyebabkan perubahan struktur organisasi dan penambahan pimpinan tinggi madya, pejabat eselon I hingga staf ahli menteri sebanyak lima orang. Renovasi dilakukan untuk menyiapkan ruangan bagi para pejabat baru beserta tim kerjanya, sekretariat tata usaha pimpinan, ruang kerja staf khusus menteri, serta ruangan menteri.

Selain itu, urgensi penataan ruangan di lantai dua Gedung A Kemendikbudristek adalah untuk menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dia menambahkan, berdasarkan data Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa, renovasi pada lingkungan Gedung A terakhir kali dilakukan untuk memperbaiki ruangan Perpustakaan yang berada di lantai 1 pada tahun 2016.

Kemudian, pembongkaran relief di Plaza Insan Berprestasi pada tahun 2019. Sedangkan renovasi pada ruangan kerja Menteri dan para Staf Ahli sudah lama tidak dilakukan.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Kemendikbudristek, Nadiem Bakal Punya Wamen

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya