Sandiaga Uno: Rusdianti Samanov Warga Betawi Condet Bukan Orang Rusia

Apa peran Rusdianti Samanov di tim pemenangan?

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akhirnya mengklarifikasi sosok Rusdianti Samanov, orang yang disebut-sebut sebagai konsultan kampanye propaganda asal Rusia. Sandiaga membantah Rusdianti adalah konsultan propaganda untuk meraih suara bagi paslon nomor urut 02 itu. 

Mantan Wakil Gubernur itu membantah Rusdianti merupakan warga Rusia. Rusdianti dikira warga asing, karena memiliki nama belakang Samanov. 

“Namanya seperti orang Rusia, padahal sebetulnya orang Betawi Condet, mungkin ini yang datanya salah yah, dari temen-temen yang pernah (sebut tentang) propaganda Rusia, konsultan asing,” kata Sandiaga di area Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2).

Lalu apa peran Rusdianti dibalik tim pemenangan Prabowo-Sandiaga?

1. Rusdianti pernah mengelola data internal Sandiaga saat Pilgub DKI Jakarta

Sandiaga Uno: Rusdianti Samanov Warga Betawi Condet Bukan Orang RusiaIDN Times/Irfan fathurohman

Sandiaga lantas membuka peran Rusdianti Samanov yang merupakan seorang wirausaha yang menurut Sandiaga pernah memenangkan Dji Sam Soe Award pada tahun 2006.

“(Beliau) Seorang enterprenur yang membina usahanya dari kecil, pemenang UMKM award terus sekarang berkembang jadi pengusaha teknologi digital, salah satu bidang usahanya adalah data center. Data center beliau yang sudah bantu saya dari Pilgub DKI, mengelola data yang kita sebut sebagai data internal,” ucap Sandiaga

Baca Juga: Latihan Debat, Sandiaga Berperan sebagai Jokowi Melawan Prabowo

2. Rusdianti kini mengelola data internal Prabowo-Sandiaga

Sandiaga Uno: Rusdianti Samanov Warga Betawi Condet Bukan Orang RusiaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Rusdianti kini dikatakan Sandiaga tengah membantunya maju dalam Pilpres 2019 untuk mengelola data internal. Sandiaga pun membeberkan cara kerja Rusdianti dalam mengelola data internalnya.

“Data-data yang kita kelola juga kita kumpulkan. Dari 1.140 kunjungan sementara yang saya setorkan ke Rusdianti Samanov diolah, dijadikan sebagai materi kita. Baik dari segi pengusunan kebijakan, maupun juga bagaimana pola komunikasi kita ke masyarakat,” ujar Sandiaga

3. Samanov bukan nama orang Rusia

Sandiaga Uno: Rusdianti Samanov Warga Betawi Condet Bukan Orang RusiaIDN Times/Irfan fathurohman

Sandiaga menegaskan jika Rusdianti Samanov bukan nama orang Rusia. Punya nama mirip orang Rusia, tidak berarti ia berasal dari sana. 

“Jadi beliau itu namanya Rusdianti Samanov, Samanov itu artinya bukan bahasa Rusia, tapi Samania November, karena Beliau lahir tanggal 8 November, ayahnya seorang dokter, ibunya juga seorang praktisi kesehatan, ahli Betawi. Jadi, ini yang terus diangkat soal konsultan asing dan propaganda Rusia. Mungkin lu penyebabnya bro,” kata Sandiaga menyapa Rusdianti.

Maybe because I talking english,” kata Rusdianti yang berada di samping Sandiaga

4. Sandiaga sayangkan pernyataan Jokowi soal konsultan Propaganda Rusia

Sandiaga Uno: Rusdianti Samanov Warga Betawi Condet Bukan Orang RusiaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Seperti diketahui, calon presiden petahana, Joko "Jokowi" Widodo pernah menyebut timses salah satu calon menggunakan konsultan propaganda asal Rusia. Menanggapi hal itu, Sandiaga menyayangkan dan mengira Jokowi sudah salah data.

“Saya curiga kalau isunya gak selesai, apakah karena salah data atau karena ketidak komplitan dari menganalisa data yang kita miliki, jadi jangan suudzan. Kita konsepnya di sini khusnudzan, melihat dari sisi baik berprasangka baik,” kata Sandiaga lagi. 

Baca Juga: Apa Kabar Kasus Dugaan Suap Rp 1 T Sandiaga Uno untuk Jadi Cawapres?

Topik:

Berita Terkini Lainnya