Kompolnas Minta Kematian Bripda Ignatius Dwi Disidik dengan Cara Ini

Penyidikan dengan dukungan scientific crime investigation

Jakarta, IDN Times - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Polri untuk melakukan penyidikan Crime Science Investigation (CSI) atas kematian Bripda Ignatius Dwi Frisco Sirage di Rusun Polri Cikeas Gunung Putri Bogor, Minggu (23/7/2023).

CSI merupakan metode pendekatan penyidikan dengan mengedepankan berbagai disiplin ilmu pengetahuan guna mengungkap suatu kasus yang terjadi.

“Kami mendorong penyidikan dilakukan secara profesional dengan dukungan scientific crime investigation untuk mengungkap kasus ini dan hasilnya disampaikan secara transparan kepada keluarga korban dan kepada publik,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada IDN Times, Rabu (26/7/2023).

Kompolnas juga menyesalkan jatuhnya korban jiwa akibat penggunaan senjata api. Oleh karena itu, Poengky mendorong adanya tindakan tegas bagi pelaku yaitu diproses pidana sekaligus etik.

“Apalagi korban diduga merupakan junior pelaku. Karena jatuhnya korban jiwa diduga merupakan tindak pidana serta merupakan pelanggaran kode etik,” ujar dia.

Selebihnya, Kompolnas mendorong pengawasan yang lebih ketat terkait penggunaan senjata api oleh anggota Polri agar tidak disalahgunakan.

“Kompolnas akan mengawasi penanganan kasus ini,” imbuhnya.

Baca Juga: IPW Minta Kapolri Usut Tuntas Kematian Bripda Ignatius Dwi Frisco Sirage

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya