Korlantas Polri Prediksi Kepadatan Arus Mudik Terjadi Malam ini

Puncak arus mudik bakal terjadi pada 6-8 April

Jakarta, IDN Times - Korlantas Polri belum memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way pada siang ini di KM72 Cipali menuju KM 414 Kalikangkung dikarenakan arus mudik masih landai belum terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memprediksi kepadatan arus mudik bakal terjadi malam ini.

“Jadi kemungkinan nanti setelah buka puasa ini akan ada peningkatan,“ kata Aan, Jumat (5/4/2024).

1. Antrean di gerbang tol masih landai

Korlantas Polri Prediksi Kepadatan Arus Mudik Terjadi Malam iniIlustrasi Gerbang Tol ITERA Kotabaru. IDN Times/Martin L Tobing.

Aan menjelaskan, seharusnya rekayasa lalu lintas berupa satu arah atau one way diberlakukan pukul 14.00 WIB. Namun berdasarkan pemantauan, arus lalu lintas masih di bawah parameter untuk diberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Kita lihat dari pantauan CCTV di Rorotan, Cawang, Jati Asih ini masih landai arus lalinnya. Anggota di lapangan juga  melaporkan antrean di gerbang tol juga ini masih landai memang ada beberapa hambatan di 164 itu ada kecelakaan sehingga mengakibatkan perlambatan,” ujarnya.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Mulai Malam Ini

2. Pembatasan angkutan barang tetap dilaksanakan

Korlantas Polri Prediksi Kepadatan Arus Mudik Terjadi Malam iniSuasana arus mudik di Exit tol Dumpil Madiun. IDN Times/ Riyanto

Namun demikian, Aan menyebut ada peningkatan arus lalu lintas pada hari ini sekitar 12 persen. Namun angka tersebut tergolong masih landai.

“Jadi untuk sementara kita tidak melakukan rekayasa lalin terlebih dahulu. Untuk pembatasan tetap untuk pembatasan angkutan barang tetap dilaksanakan,” ujar dia.

Baca Juga: H-6 Lebaran, Jalur Kalimalang Bekasi Terpantau Ramai Lancar

3. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 6-8 April

Korlantas Polri Prediksi Kepadatan Arus Mudik Terjadi Malam iniSuasana arus mudik di Exit tol Dumpil Madiun. IDN Times/ Riyanto

Berdasarkan pantauan arus lalu lintas hari ini, Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik akan terjadi mulai besok, Sabtu (6/4/2024).

“Tanggal 6 sampai 8 untuk (puncak arus) mudik,” kata Aan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya