Comscore Tracker

Kunjungi LDII, Kapolri Bahas Dai Kamtibmas hingga Moderasi Beragama

Penyampaian pesan Kamtibmas lewat dakwah lebih efektif

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran Polri menggelar pertamuan dengan pengurus pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Pertemuan itu membahas peran dai atau penceramah untuk menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat hingga moderasi beragama.

Kapolri mengatakan, dengan pendekatan dakwah, penyampaian pesan Kamtibmas dinilai cukup efektif ketimbang dengan bahasa kepolisian.

“Bagaimana Dai kamtibmas ini diberdayakan. Misalnya pimpinan LDII menyampaikan pesan Kamtibmas ke umatnya,” kata Kapolri di kantor pusat LDII di Jalan Tentara Pelajar, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (9/3/2021).

1. Masih ada polarisasi di tengah masyarakat

Kunjungi LDII, Kapolri Bahas Dai Kamtibmas hingga Moderasi BeragamaKunjungan Kapolri ke DPP LDII, Jakarta, Selasa (9/3/2021) (Dok Humas Mabes Polri)

Sigit mengatakan, residu Pilpres dan Pilkada hingga saat ini masih ada hingga membuat polarisasi di tengah masyarakat. Untuk itu, penguatan moderasi beragama saat ini dinilai penting dilakukan karena dalam kondisi krisis karena pandemik COVID-19, amat sangat dibutuhkan persatuan.

“Pendekatan moderasi beragama untuk menekan polarisasi di tengah masyarakat,” kata Sigit.

Mantan Kapolda Banten itu mengatakan bahwa sinergitas Polri ini dalam rangka bersama-sama mewujudkan situasi kondisi keamanan ketertiban masyarakat kondusif, mengawal program-program seluruh kegiatan yang sebenarnya untuk masyarakat dan bangsa Indonesia lebih baik.

Baca Juga: Soroti Hukum Tajam ke Bawah, Ini Pesan Kapolri pada Kabareskrim Baru

2. Kapolri juga minta LDII mengedukasi masyarakat soal protokol kesehatan

Kunjungi LDII, Kapolri Bahas Dai Kamtibmas hingga Moderasi BeragamaKunjungan Kapolri ke DPP LDII, Jakarta, Selasa (9/3/2021) (Dok Humas Mabes Polri)

Selain itu, Kapolri juga mengajak LDII bekerja sama dalam rangka menangani pandemik COVID-19 dengan menyampaikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan hingga memberikan pemahaman kepada umat tentang program vaksinasi nasional.

“Hal-hal yang menjadi pekerjaan-pekerjaan besar mengawal penanggulangan COVID-19, penurunanan angka COVID-19, bagaimana mengembalikan pemulihan ekonomi nasional menjaga stabilitas keamanan ketertiban masyarakat situasi kondusif perlu kerja sama," ujar jenderal bintang empat itu.

3. LDII siap bersinergi dengan Polri

Kunjungi LDII, Kapolri Bahas Dai Kamtibmas hingga Moderasi BeragamaKunjungan Kapolri ke DPP LDII, Jakarta, Selasa (9/3/2021) (Dok Humas Mabes Polri)

Sementara itu, Ketua DPP LDII Chriswanto Santoso menyatakan siap bersinergi dan melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini.

Menurut Chriswanto, LDII memahami masalah bangsa bukan jadi tanggung jawab pemerintah semata, LDII sebagai bagian integrasi bangsa punya kewajiban untuk menjadikan Indonesia aman dan sejahtera.

"Sebagai lembaga dakwah, dakwah berjalan, ibadah berjalan kalau Indonesia aman, stabilitas ekonomi dan keamanan terjamin. Apalagi, pada kondisi pandemi ini begitu banyak permasalahan harus diselesaikan bersama-sama," kata Chriswanto.

Baca Juga: Kapolri Perketat Pemakaian Senjata Api Buntut Aksi Koboi Bripka CS

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya