Laporan Rasisme Natalius Pigai ke Jokowi-Ganjar Ditolak Polda Metro

Laporan diarahkan ke Bareskrim Polri karena isu nasional

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menolak laporan Barisan Relawan Nusantara (BaraNusa) yang melaporkan mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai, terkait kasus dugaan rasisme melalui media sosial Twitter terhadap Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Polda Metro Jaya lantas mengarahkan BaraNusa untuk membuat laporan ke Bareskrim Mabes Polri.
​​
“Kami sudah ke SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu), cuma kami kemudian diarahkan ke (Subdit) Siber, kemudian pihak Polda Metro Jaya meminta laporan ini menjadi kuat supaya koordinasi dengan Mabes Polri," kata Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan di Jakarta, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: [CEK FAKTA] Benarkah Puan Minta Natalius Pigai Habisi Ganjar?

1. Laporan diarahkan ke Bareskrim Polri karena isu nasional

Laporan Rasisme Natalius Pigai ke Jokowi-Ganjar Ditolak Polda Metro(Kiri) Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Kanan) Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Adapun barang bukti utama yang dibawa BaraNusa berupa cuitan Natalius Pigai soal Jokowi, Ganjar, dan Papua.

"Paling utama berupa cuit Natalius Pigai yang menjadi berita panas itu yang kita laporkan yang mengatakan jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi Ganjar mereka merampok tanah Papua membunuh orang Papua," ujar Adi.

Pada kesempatan yang sama kuasa hukum BaraNusa, Muhammad Zainul Arifin, membantah laporannya ditolak Polda Metro Jaya.
​​​
"Polda tidak menolak, tetapi ini diproses. Tetapi penting menurut kami, ini penting untuk diperkuat di Mabes Polri, karena ini isu nasional" ujar Zainul.
​​
Selain itu, Zainul menyebutkan, isu tersebut terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON), nama daerah Jateng, serta mencantumkan nama Jokowi dan Ganjar.

2. Natalius Pigai dianggap rasisme

Laporan Rasisme Natalius Pigai ke Jokowi-Ganjar Ditolak Polda MetroMantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai (tengah) bersama Staf Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM (ANTARA FOTO/Rossa Panggabean)

Sebelumnya, mantan Komnas HAM Natalius Pigai dianggap mengunggah cuitan bernada rasis terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui akun Twitter miliknya, @NataliusPigai2.

"Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mereka merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak-injak harga diri bangsa Papua dengan kata-kata rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Saya Penentang Ketidakadilan)," cuit Pigai dalam akun Twitter-nya pada Jumat (1/10/2021).

3. Natalius membantah melakukan rasisme

Laporan Rasisme Natalius Pigai ke Jokowi-Ganjar Ditolak Polda MetroGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, Natalius Pigai membantah telah melakukan rasisme kepada Presiden Jokowi dan Ganjar. Ia menjelaskan, cuitannya tak sama sekali membahas latar belakang suku.

“Saya katakan Orang Jawa Tengah Jokowi, Ganjar. Mana Rasis? Rasis itu suku. Jawa Tengah itu nama Provinsi, Wilayah Administratif, bukan suku. Yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah itu hampir semua suku termasuk Papua, Bali, Sumatera dll. Sehingga tidak bisa katakan suku,” kata Natalius lewat keterangan tertulisnya.

Natalius mengatakan, tak ada legalitas laporan polisi yang ditunjukkan kepadanya.

“Jokowi dan Ganjar merasa ada tuduhan maka mereka sendiri yang melaporkan saya di polisi, tinggal saya buktikan tuduhan kepada Jokowi sebagai Presiden dan Ganjar sebagai Mantan Pimpinan Komisi II DPR RI yang memiliki hubungan langsung dengan Pemerintah Daerah Papua dan Otsus,” kata Natalius.

“Saya akan melaporkan tokoh-tokoh naional: Jokowi dkk sebagai pelaku rasis kepada Rakyat Papua dengan bukti otentik kepada polisi. Tinggal kami Rakyat Papua dan Rakyat Indonesia serta dunia akan menyaksikan polisi bertindak adil atau tidak,” sambungnya.

Baca Juga: BaraNusa Laporkan Natalius Pigai soal Rasisme ke Jokowi dan Ganjar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya