Lirik Kursi Ketua MPR, Demokrat Kenang Kisah Manis Bersama PDIP

Demokrat dan PDIP pernah satu paket pimpin MPR

Jakarta, IDN Times - Kursi pimpinan MPR masih jadi rebutan antara Partai Golkar, PKB, dan Nasdem yang mengincar posisi tersebut. Kini saingan bertambah, karena  Gerindra dan Demokrat juga mengincar posisi tersebut.

"Kami memang sebenarnya juga ingin gitu (kursi Ketua MPR) ya, tetapi kita lihat nanti perkembangannya. Ini kan lobi politiknya bagaimana di fraksi dan pimpinan-pimpinan partai politik yang lainnya," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan di Kompleks Parlemen DPR RI, Jakarta, Senin (22/7).

Baca Juga: Berebut Kursi MPR: PKB Lobi Ma'ruf Amin, Golkar Dekati Pimpinan Partai

1. Demokrat kenang sejarah bersama PDIP

Lirik Kursi Ketua MPR, Demokrat Kenang Kisah Manis Bersama PDIPIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Syarief mengenang komposisi paket pimpinan MPR periode 2009-2014. Di mana kala itu, Demokrat satu paket dengan PDIP.

"Nah kalau saja itu terjadi pengulangan sejarah, saya pikir baik untuk bangsa. Jadi kalau saja ya, dan bila teman-teman setuju dan PDIP juga setuju, mudah-mudahan, kalau saja terjadi ketua DPR-nya adalah PDIP, mungkin bagus juga kalau MPR-nya itu dijabat oleh Partai Demokrat," ungkapnya.

2. Syarief sebut kader Demokrat berkompetensi menjadi ketua MPR

Lirik Kursi Ketua MPR, Demokrat Kenang Kisah Manis Bersama PDIPIDN Times/Irfan Fathurohman

Dia menilai, Demokrat juga partai yang paling bisa diterima partai koalisi pemerintah untuk bergabung. Sebab, menurutnya, kader Demokrat memiliki kompetensi menjabat sebagai Ketua MPR.

"Kita kan sudah berpengalaman dalam PDIP, jadi saya pikir itu sejarah yang betul-betul patut menjadi pelajaran bagi kita bahwa kalau kita berkolaborasi dengan baik, saya pikir bangsa ini akan lebih bagus ke depan," ucapnya.

3. Demokrat belum menentukan nama

Lirik Kursi Ketua MPR, Demokrat Kenang Kisah Manis Bersama PDIPANTARA FOTO/Olhe/Lmo/nz

Terkait siapa yang akan menduduki posisi tersebut, Syarief belum bisa berbicara banyak. Soal nama, kata dia, ada di tangan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya pikir itu sudah dipikirkan oleh ketua umum Partai Demokrat. Tinggal menunggu timing-nya saja, waktunya, kapan untuk dimulai lobi-lobi fraksi dan lobi-lobi antar ketua umum," tandasnya.

4. Demokrat siap diajak kolaborasi dengan PDIP

Lirik Kursi Ketua MPR, Demokrat Kenang Kisah Manis Bersama PDIPDok.IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Syarief mengatakan, periode pemerintahan 2019-2024 adalah masa-masa mesra partainya dengan PDIP. Sebab, saat itu Ketua DPR dijabat Marzukie Ali dari Partai Demokrat, dan Ketua MPR dijabat Taufik Kiemas dari PDIP.

Ia pun menegaskan, partainya siap diajak oleh PDIP untuk bergabung dalam paket yang sama. “Sangat siap, sangat siap," ucapnya.

Baca Juga: Maju Memperebutkan Kursi MPR 1, Berikut Profil Cak Imin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya