Massa Aksi Buruh May Day 2024 Bergerak dari Patung Kuda ke GBK

Mobil komando menelusuri Jalan Merdeka Selatan

Jakarta, IDN Times - Ribuan buruh yang mengikuti aksi May Day 2024 di Patung Kuda Arjun Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat bergerak menuju Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan (Jaksel).

Pantauan IDN Times, massa yang berkumpul di sekitar Jalan Merdeka Selatan mengikuti mobil komando bergerak ke arah Senayan pukul 12.25 WIB.

Namun demikian, ratusan massa lainnya masih berada di sepanjang Jalan Merdeka Selatan. Mereka masih santai berteduh di bawah pohon sambil menunggu kendaraan untuk menuju GBK.

“Massa aksi yang datang ke Stadion Madya Senayan kurang lebih 50 ribu orang,” kata Said Iqbal di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Sementara itu, dua mobil komando menelusuri Jalan Merdeka Selatan sambil mengimbau buruh untuk bergerak menuju GBK.

“Kepada seluruh buruh yang masih duduk-duduk, mari kita berangkat menuju GBK. Kita sambut Hari Buruh dengan semangat,” kata seorang orator.

Adapun dua tuntutan utama yang jadi fokus di demo buruh May Day ini adalah cabut Omninus Law UU Cipta Kerja dan hapus OutSourcing Tolak Upah Murah (HOSTUM).

"Dua isu ini yang menjadi persoalan buruh dalam lima tahun terakhir," kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Kontrak berulang, pesangon murah, mudahnya perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pengaturan cuti, dan maraknya tenaga kerja asing jadi alasan utama.

"Oleh karena itu, kami meminta dukungan rekan-rekan media untuk bisa mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, upah murah, dan outsourcing ini," kata Said Iqbal.

Baca Juga: Istana Bakal Menerima Delegasi Aksi Buruh May Day 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya