Megawati Buka Rahasia Syarat Diusung PDIP: Blusukan dan Jangan Pongah!

Megawati minta Cakada PDIP meniru Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mengikuti sekolah PDIP gelombang pertama untuk mengikuti jejak kepemimpinan Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo jika ingin diusung PDI Perjuangan hingga dua kali. Rajin blusukan dan tidak angkuh.

"Kita bisa melihat Bapak Joko Widodo dengan diusung PDI Perjuangan maka menjadi sebuah partai yang bisa mengangkat presidennya menjadi dua kali. Jadi jangan dikira kalau nantinya saudara-saudara yang telah menang, mulai keluar keangkuhan, kepongahan. Banyak saya lihat-lihat seperti itu terjadi," kata Megawati saat membuka Sekolah Partai melalui telekonferensi, Jumat (21/8/2020).

1. Megawati ancam tidak mengusung lagi calon jika tidak mau blusukan

Megawati Buka Rahasia Syarat Diusung PDIP: Blusukan dan Jangan Pongah!Dok. Gibran Rakabuming Raka

Baca Juga: Megawati: Menang Pilkada Jangan Tebar Uang, Rakyat Sudah Pintar

Presiden Kelima RI ini melihat banyak calon kepala daerah yang sudah terpilih tidak mau turun ke bawah melihat rakyatnya. Megawati memprediksi sosok-sosok seperti itu pasti tidak dipilih kembali oleh rakyat di periode kedua. Partai juga memikirkan tak akan memberikan rekomendasi lagi.

"Karena pasti sekarang orang kan lihat dengan survei. Meskipun saya selalu katakan survei bukan jaminan, survei hanya menjadi salah satu bagian untuk kita melihat, mendeteksi, bagaimana orang ini jalankan tugasnya sebagai pemimpin di daerah masing-masing. Kalau survei sudah rendah, bagaimana mau diangkat lagi?" ujar Megawati.

2. Megawati juga imbau calon kepala daerah PDIP menyontoh kepemimpinan Bung Karno

Megawati Buka Rahasia Syarat Diusung PDIP: Blusukan dan Jangan Pongah!IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Putri Proklamator RI Bung Karno ini juga mengingatkan para peserta Sekolah Partai tentang kepemimpinan ayah, Sukarno yang selalu mendedikasikan dirinya untuk tanah air dan rakyat. Menurut dia, semangat Bung Karno itu terhadap rakyat terus menyala sebagai energi juang.

"Tidak akan terasa capek karena selalu ada rasa gembira. Seperti saya masuk partai itu tahun 1986 di PDI, pada 1987 saya sudah jadi anggota DPR, waktu itu saya juga masih mentah, tahu politik dikit-dikit. Tetapi karena dedikasi saya, keyakinan saya, dan waktu itu saya memutuskan akan masuk partai. Saya sudah katakan sama suami saya dan suami saya juga bersama-sama saya masuk ke PDI," kata Megawati.

3. Selalu bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang bisa diberikan kepada rakyat

Megawati Buka Rahasia Syarat Diusung PDIP: Blusukan dan Jangan Pongah!Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Megawati mengisahkan banyak orang yang menanyakan dirinya yang selalu awet muda meski sudah menginjak usia 74 tahun. Megawati merasa yang dilaluinya itu selalu diberikan untuk rakyat sehingga pikiran tidak terbebani.

"Justru saya berpikir, apalagi yang akan saya berikan ke rakyat? Apalagi yang akan saya ajarkan pada rakyat? Apa lagi yang saya dedikasikan pada rakyat? Apa yang bisa diimplementasikan?" tegas Megawati.

Baca Juga: PDIP Gelar Sekolah Partai Hari Ini, Megawati Bakal Beri Pesan Spesial

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya