Comscore Tracker

PDIP Gelar Sekolah Partai Hari Ini, Megawati Bakal Beri Pesan Spesial

Sekolah partai akan digelar selama lima hari

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan akan menggelar Sekolah Partai Angkatan I secara virtual hari ini, Jumat (21/8/2020). Megawati Soekarnoputri direncanakan akan memberikan petuah kepada 129 calon kepala daerah dan wakilnya.

“Beliau (Megawati) akan memberikan pengarahan melalui telekonferensi, dan juga akan disampaikan hal-hal spesial dari putri Proklamator RI Bung Karno itu dalam memberikan materi,” ujar Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto lewat keterangan tertulisnya, Jumat (21/8/2020).

1. Sekolah partai akan dimulai pukul 14.00 WIB

PDIP Gelar Sekolah Partai Hari Ini, Megawati Bakal Beri Pesan SpesialSekjen PDIP Hasto Kristiyanto mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hasto menjelaskan, proses Sekolah Partai dimulai pagi hari pukul 10.00 WIB dan pemeriksaan kesiapan akhir dilakukan pada jam 13.30 WIB, dan secara resmi akan dibuka pada pukul 14.00 WIB melalui prosesi kepartaian lengkap oleh Megawati Soekarnoputri.

"Sekolah Partai ini sangat penting, terlebih tantangan kampanye yang dihadapi calon di tengah pandemik. Saya mengulang kembali pesan Ibu Megawati, saat ini diperlukan sosok pemimpin daerah yang memiliki fighting spirit, sosok yang tidak mudah menyerah di dalam menghadapi ujian dan tantangan COVID-19," kata Hasto.

Baca Juga: Millennials Ingin Jadi Kepala Daerah? Begini Pesan Ibu Megawati

2. Ada beda sekolah partai kini dan sebelum pandemik COVID-19

PDIP Gelar Sekolah Partai Hari Ini, Megawati Bakal Beri Pesan Spesial(Dok. IDN Times)

Hasto juga menyampaikan, ada perbedaan Sekolah Partai sebelumnya dengan saat ini di mana Indonesia sedang dilanda COVID-19. Biasanya PDI Perjuangan menyelenggarakan Sekolah Partai di Wisma Kinasih, Depok, kini secara virtual. Namun, Hasto menjanjikan peraturan terhadap calon kepala daerah dan wakilnya tetap ketat.

"Lazimnya semua calon termasuk petahana wajib menginap dan tidak boleh keluar dari area. Pagi ada aktivitas senam olahraga. Sekarang, meski secara virtual, Partai berharap semua peserta aktif dan tetap mengikuti semua agenda daring dengan serius. Penilaian tetap diberikan. Kepala Sekolah akan memonitor kedisiplinan peserta," ujar Hasto.

3. Sekolah partai akan dilakukan selama lima hari

PDIP Gelar Sekolah Partai Hari Ini, Megawati Bakal Beri Pesan SpesialSekjen PDIP Hasto Kristiyanto mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, Jakarta, Jumat (10/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, peserta Sekolah Partai juga diikuti oleh berbagai tingkatan pendidikan. Di mana calon kepala daerah dan wakil kepala daerahnya ada yang berasal dari S3, S2, S1, D3 hingga SMA.

Hasto menerangkan, Sekolah Partai akan diadakan selama lima hari dengan tetap memperhatikan pembagian waktu Indonesia bagian timur, tengah dan barat. Akan ada lima materi pokok yang akan disampaikan selama acara berlangsung.

"Wilayah Indonesia bagian barat akan diikuti 60 peserta, bagian tengah 41 peserta, dan timur 28 peserta," kata Hasto.

Baca Juga: Umumkan 75 Paslon Pilkada 2020, PDIP Segera Gelar Sekolah Partai

4. Arahan Megawati akan dilakukan secara terbuka dan tertutup

PDIP Gelar Sekolah Partai Hari Ini, Megawati Bakal Beri Pesan SpesialKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Dalam pembukaan Sekolah Partai itu, Hasto akan memimpin pengheningan cipta yang dilanjutkan pembacaan naskah Pancasila oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun. Watubun juga disebut Kepala Sekolah. Hasto lalu kembali memberikan kata pengantar pembukaan Sekolah Partai.

Kemudian, Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat akan memberikan laporan kegiatan acara ini.

Setelahnya, Ketua Umum PDIP Megawati akan memberikan arahan kepada para peserta Sekolah Partai. "Pengarahan Ibu Megawati akan ada yang bersifat terbuka dan tertutup untuk media," lanjut Hasto. Setelah acara ditutup, Hasto bersama Djarot dan Komarudin Watubun direncanakan menggelar konferensi pers secara daring.

Baca Juga: PDIP Merahkan Lapangan Banteng di Upacara HUT ke-75 RI

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya