Comscore Tracker

Penguatan TNI-Polri, Menpan RB: Propam-Brimob Diisi Bintang Tiga

Menpan RB juga singgung jabatan Doni Monardo di BNPB

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo berniat menguatkan beberapa lembaga, dengan menaikkan pangkat jabatannya. Namun, ia mengingatkan rencana penguatan ini harus dilaksanakan hati-hati agar tidak melanggar undang-undang.

Tjahjo mencontohkan adanya pengembangan kelembagaan dan jabatan setingkat kepala di lingkungan TNI dan Polri, yang diisi dengan prajurit bintang tiga.

“Seperti Polri, ingin meningkatkan Propam dan Brimob jadi bintang tiga, karena Brimob akan ditingkatkan jadi 60 prajurit, misalnya begitu. Ini juga TNI harus sama, marinir harus sama bintang tiga, supaya tidak timbulkan kecemburuan,” kata Tjahjo saat rapat kerja bersama Komisi II DPR RI, Selasa (23/6).

1. Menpan RB mulai uji coba di lembaga Polri

Penguatan TNI-Polri, Menpan RB: Propam-Brimob Diisi Bintang TigaKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Tjahjo mengatakan lembaga yang sudah uji coba misalnya pengembangan di Bareskrim Polri, yang membuat Polda tipe B menjadi tipe A. Kemudian, ada juga usulan Komandan Korem dijabat bintang satu.

“Supaya daerah yang tidak ada Kodam ada Korem, Kapolda bintang 2 Danrem harus bintang 1, ini beberapa hal baik juga penambahan personel TNI,” kata dia.

Baca Juga: Rekam Jejak Tiga Jenderal yang Berebut Kursi Deputi Penindakan KPK

2. Menpan RB juga akan membenahi Bakamla

Penguatan TNI-Polri, Menpan RB: Propam-Brimob Diisi Bintang TigaKepala Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Tjahjo juga menyebutkan pihaknya akan membenahi Badan Keamanan Laut (Bakamla), karena menurut dia masih ada beberapa posisi jabatan yang belum jelas.

“Akan kami coba rapikan Bakmla sebagai koordinator. Karena ada Polair dan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), ini kan semua bermain semua di laut. Tapi selama ini gak jelas posisi Bakamla seperti apa, ini akan kami perkuat,” ujar dia.

3. Menpan RB menyinggung jabatan BNPB yang diisi TNI aktif

Penguatan TNI-Polri, Menpan RB: Propam-Brimob Diisi Bintang TigaDok. BNPB

Penguatan dan penyesuaian kebutuhan lembaga juga dapat dilihat pada posisi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang diisi Letjen TNI Doni Monardo, yang tak lain masih berstatus TNI aktif dan berpangkat jenderal bintang tiga.

“Tapi itu untuk kepentingan bersama ya, kita setuju saudara Doni yang bintang tiga aktif untuk jadi kepala BNPB. Tentunya akan diperkuat nantinya di deputinya kita tambah unsur bintang dua, kepolisian bintang dua, TNI, untuk gerakkan Polda sampai di tingkat yang paling bawah,” ujar Tjahjo.

Baca Juga: Jenderal Hoegeng Tak Sudi Sepemakaman dengan Koruptor di Kalibata

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya