Polda Metro Akan Perkuat Tim Patroli Jaguar-Raimas Backbone Jadi Baru

Kapolda akan melatih dan memberi 50 motor untuk tim patroli

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan, tim-tim patroli malam yang ada di jajaran polres wilayah hukum Polda Metro Jaya akan dilebur dan kemudian diperkuat dengan wujud baru.

Tim patroli ini antara lain Raimas Backbone (Polres Jakarta Timur), Tim Jaguar (Depok), Tim Pemburu Preman (Jakarta Barat).

“Jadi baru saja Pak Kapolda mengumpulkan semua tim-tim khusus dari masing-masing polres yang diisukan kemarin tim itu dibubarkan, bukan dibubarkan, bahkan akan diperkuat oleh Kapolda,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: 7 Tahun Berdiri, Tim Jaguar Polres Metro Depok Bakal Dibubarkan

1. Anggota tim akan diperkuat dengan pelatihan khusus

Polda Metro Akan Perkuat Tim Patroli Jaguar-Raimas Backbone Jadi BaruKepala Tim Jaguar Polres Metro Depok, Iptu Winam Agus. (IDNTimes/Dicky)

Yusri menjelaskan, nantinya mereka akan diperkuat dan dibekali dengan pelatihan khusus dari pelbagai aspek mulai dari cara bertindak di lapangan, kemampuan menembak, hingga peningkatan wawasan agar penindakan di lapangan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan tidak melanggar HAM.

“Cuma memang diatur mereka-merekanya yang dikatakan tugas preventif itu adalah polisi yang berseragam, siapa yang berseragam? Sabhara, Brimob yang salama ini ada menggunakan reserse ini akan diatur dibenahi. Reserse itu bukan berseragam. Makanya dikumpulkan oleh Kapolda, dibenaih ulang bahkan diperkuat,” ujar Yusri.

2. Tim patroli akan diberikan 50 motor

Polda Metro Akan Perkuat Tim Patroli Jaguar-Raimas Backbone Jadi BaruDok Humas Polres Kebumen

Selain pelatihan khusus, tim ini nantinya akan dibekali dengan perlengkapan yang mumpuni. Misalnya, Tim Jaguar nantinya akan didukung perlengkapan patroli yang diberikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

“Itu malah diperkuat, malah nanti akan dibantu lagi oleh Kapolda, dibantu sekitar 50 motor dipersiapkan untuk melaksanakan giat patroli,” ujar Yusri.

3. Kapolda berencana melebur tim patroli

Polda Metro Akan Perkuat Tim Patroli Jaguar-Raimas Backbone Jadi BaruKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Sebelumnya, Kapolda Fadil berencana melebur tim-tim patroli malam yang ada di jajaran polres wilayah hukum Polda Metro Jaya. Fadil akan menyatukan tim-tim patroli malam ini dengan nama baru yang nantinya diharapkan menjadi tim impian atau dream team.

Hal itu diungkapkan Fadil Imran saat membuka 'Kapolda Cup 2021' di Polda Metro Jaya, pada Sabtu (30/10/2021).

"Saya rencananya akan mengumpulkan seluruh Raimas atau patroli roda dua nanti akan saya sprint-kan, saya akan berikan pelatihan khusus, saya akan siapkan helmnya, senjatanya. Kemudian kami juga akan siapkan SOP-nya juga," kata Irjen Fadil.

"Supaya jangan ada lagi ada Jaguar, Kobra, apalagi itu tim ketupat sayur, tim lele apa itu macam-macam. Akhirnya dia tumbuh berkembang sendiri suka-sukanya dia," sambungnya.

Tim patroli ini diambil dari Satuan Sabhara di Polres-Polres dan Polda Metro Jaya. Mereka akan dilatih secara khusus untuk dipersiapkan menjadi 'kelelawar', patroli polisi di malam hari.

"Minggu depan saya mau kumpulkan tim Sabhara ini biar dia menjadi kelelawar di malam hari. Dia tugasnya hanya jam 10 malam sampai 5 subuh, muter-muter mengamankan Ibu Kota," katanya.

Baca Juga: Tim Jaguar Kota Depok Disangka Perampok Gegara Penipuan di HP

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya