Polda Metro Gelar Vaksinasi Massal di 10 Mal, Lansia Sasaran Utama

Setiap titik vaksinasi berkuota 100 orang

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya bersama Kementerian Kesehatan akan menggelar vaksinasi COVID-19 massal di 10 mal di DKI Jakarta pada Sabtu (10/4/2021). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, setiap titik vaksinasi berkuota 100 orang.

“Kegiatan vaksinasi massal berbasis Kampung Tangguh Jaya dan juga drive thru di mal-mal,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021).

1. Vaksinasi akan digelar selama enam bulan

Polda Metro Gelar Vaksinasi Massal di 10 Mal, Lansia Sasaran UtamaVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. IDN Times/Istimewa

Agar tidak terjadi kerumunan saat vaksinasi, Polda Metro telah bekerja sama dengan Babinsa dan Bhabikamtibmas untuk mendata calon penerima vaksinasi.

“Ini akan kita laksanakan kegiatan selama enam bulan, ini upaya untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi dengan target kan sudah ditentukan pemerintah, satu hari satu juta, jadi ini yang akan kita kejar terus,” ujar Yusri.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Menipis, Menkes Atur Prioritas Vaksinasi untuk Lansia

2. Lansia jadi target utama

Polda Metro Gelar Vaksinasi Massal di 10 Mal, Lansia Sasaran UtamaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Adapun untuk target utama vaksinasi adalah lansia dan disusul oleh pelayan publik, misalnya ojek online hingga penjaga toko.

“Yang jadikan target terutama lansia, karena ternyata lansia se-Indonesia dari 21 juta lansia yang ada di Indonesia ini baru 7,79 persen yang bisa divaksinasi. Nah ini kita utamakan,” ujar Yusri.

3. Vaksinasi juga akan digelar di kampung-kampung

Polda Metro Gelar Vaksinasi Massal di 10 Mal, Lansia Sasaran UtamaVaksinasi sopir dan driver ojek online di Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Selain itu, vaksinasi juga akan digelar di kampung-kampung. Skema vaksinasi akan sama dengan pembatasan kuota sebanyak 100 calon penerima vaksin.

“Misalnya Kampung Tangguh Jaya yang sudah dibentuk ada 400 warganya, kita 100 dulu, nanti akan bertahap lagi minggu depannya 100, terus kita bertahap sampai enam bulan, itu kita selesaikan dari 50 Kampung Tangguh Jaya awal ini. Kedepannya bisa sampai 500 Kampung Tangguh Jaya yang nanti akan kita lakukan vaksinasi massal ini,” kata Yusri.

Baca Juga: Sri Mulyani: RI Masuk 10 Besar Negara dengan Vaksinasi Terbanyak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya