Polda Metro Kerahkan 4.000 Personel Gabungan Amankan Libur Nataru

Polda Metro fokus pengamanan di tempat ibadah

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya bakal mengerahkan 4.041 personel gabungan TNI-Polri dan aparat pemerintah DKI Jakarta untuk mengamankan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, mengatakan, ribuan personel itu bakal disiapkan salah satunya untuk mengawal pergerakan masyarakat dari Jakarta ke luar daerah.

“Personel yang kami siapkan 4.041 yang terdiri dari aparat pemerintah, TNI dan Polri. Kita sama-sama tahu ini jadi ritual tahunan,” kata Karyoto setelah menggelar rapat koordinasi Operasi Lilin di Polda Metro Jaya, Senin (18/12/2023).

Baca Juga: DPRD Minta Dinkes DKI Siapkan Ruang Isolasi COVID-19 Jelang Nataru

1. Contraflow di jalan tol diberlakukan situasional

Polda Metro Kerahkan 4.000 Personel Gabungan Amankan Libur NataruIDN Times/Abdul Halim

Dalam pengamanan lalu lintas, nantinya Polda Metro bakal memberlakukan contraflow di jalan tol. Namun demikian, hal tersebut situasional bergantung pada tingkat kepadatan.

“Kalau pengamanan lalu lintas ini sangat situasional, misalnya dalam keadaan H-2, H-1 sudah ada kepadatan yang luar biasa mungkin kita bisa contraflow di jalan tol. Ini sangat situasional tergantung situasinya. Kalau memang lancar aja, ya, biasa aja,” ujar Karyoto.

Baca Juga: Sambut Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp23,2 Triliun

2. Pemetaan kerawanan di tempat-tempat ibadah

Polda Metro Kerahkan 4.000 Personel Gabungan Amankan Libur Nataruilustrasi Gereja Katedral Jakarta (19/4/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Karyoto menjelaskan, Operasi Lilin yang bakal digelar 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 itu juga difokuskan dalam pengamanan rumah ibadah. Kapolres di setiap wilayah hukum Polda Metro akan ditunjuk sebagai komandan pengamanan.

“Kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanannya apa, yang paling penting kalau di suatu daerah udah bisa kita petakan, kita akan sterilisasi dulu, bisa jadi kegiatan kurang beberapa jam kita turun sterilisasi,” ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga: Libur Nataru di Indonesia Saja, Aman dari COVID-19

3. Polisi bakal melakukan screening bom

Polda Metro Kerahkan 4.000 Personel Gabungan Amankan Libur NataruSeorang pemantik diskusi terlihat memandu dialog bebas bersama mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Jawa Tengah di Gereja Paroki Admidirono Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Selain sterilisasi rumah ibadah, personel gabungan juga bakal melakukan screening bom.

“Dari Pak Pangdam juga punya kemampuan untuk deteksi bom akan kita libatkan jika memang betul-betul dari kami sudah kualahan jumlah misalnya beberapa gereja yang besar,” ujarnya.

“Kemudian yang paling penting adalah screening masuk ke tempat acara, kalau screening ini dilaksanakan dengan baik, kita bisa mencegah orang-orang yang akan membawa barang berbahaya seperti barang mungkin bom itu apa, kita bisa screening lebih awal,” ujarnya.

Baca Juga: Deretan Pensiunan Jenderal TNI-Polri Masuk TPN Ganjar-Mahfud

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya