DPRD Minta Dinkes DKI Siapkan Ruang Isolasi COVID-19 Jelang Nataru

Kasus COVID-19 mulai meningkat

Jakarta, IDN Times - Komisi E DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai menyiapkan ruang isolasi untuk pasien yang terpapar COVID-19 seiring peningkatan kasus di Ibu Kota.

Anggota Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Abdul Aziz, mengatakan, upaya pencegahan perlu dilakukan mengingat dalam waktu dekat akan memasuki Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Ramadan pada Maret, dan Idul Fitri pada April 2024.

“Jangan sampai ketika banyak kasus baru sibuk untuk mempersiapkan, justru dari sekarang kita persiapkan karena penyebarannya sangat cepat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (18/12/2023).

Baca Juga: Kasus COVID per 17 April 2023 Bertambah 725, DKI Jakarta Terbanyak

1. Komorbid diimbau jauhi tempat ramai

DPRD Minta Dinkes DKI Siapkan Ruang Isolasi COVID-19 Jelang NataruIlustrasi protokol kesehatan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Selain itu, untuk masyarakat khususnya penderita komorbid atau riwayat penyakit penyerta seperti jantung dan gula, Abdul Aziz mengimbau untuk menghindari kerumunan atau tempat-tempat ramai pada momen libur Nataru.

“Terutama orang-orang yang punya komorbid, kami dari DPRD DKI Jakarta mengimbau jangan dulu mendatangi tempat-tempat ramai. Jaga diri, karena dampaknya pada yang punya komorbid seperti gula, jantung sangat fatal,” imbaunya.

Baca Juga: KALEIDOSKOP: Kontroversi Pj Gubernur DKI Heru Budi yang Viral di 2023

2. Jakarta pernah jadi kota terbaik penangan COVID

DPRD Minta Dinkes DKI Siapkan Ruang Isolasi COVID-19 Jelang NataruIlustrasi nakes (ANTARA FOTO)

Di sisi lain, Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Johnny Simanjuntak, telah mengingatkan agar masyarakat kembali memperketat protokol kesehatan dan tidak panik. Terlebih bagi masyarakat yang telah mendapat vaksin karena tubuh telah terproteksi.

Apalagi Jakarta sempat menjadi Kota terbaik dalam penanganan COVID-19 pada tahun 2021.

“Ini bukan hal baru, kita punya sukses story menghadapi situasi kritis,” kata Johnny.

Baca Juga: Strategi Gerindra Gaet Suara di Jawa Barat untuk Prabowo-Gibran

3. Kemenkes keluarkan surat edaran kewaspadaan lonjakan COVID-19

DPRD Minta Dinkes DKI Siapkan Ruang Isolasi COVID-19 Jelang Nataruilustrasi virus (unsplash.com/Fusion Medical Animation)

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus COVID-19.

SE tersebut ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat, direktur rumah sakit, kepala Puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Indonesia.

“Surat edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para pemangku kepentingan terkait peningkatan kewaspadaan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia,” ujar Nadia.

Baca Juga: COVID-19 Naik Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Segera Vaksinasi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya