Polisi: Benda Diduga Bom di Bekasi Dilempar Pengendara Motor

Polisi pastikan benda diduga bom tak memiliki pemicu ledak

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Bekasi sedang melakukan penyelidikan terkait temuan benda mencurigakan yang diduga bom di dalam sebuah gentong di jalan Caman Raya, Jatisampurna, Bekasi, Senin (23/8/2021).

Dalam temuan tersebut, polisi telah memeriksa dua saksi yang melihat asal- usul benda berbungkus plastik hitam dililit kabel tersebut. 

“Ada dua saksi yang kita minta keterangan, yang melihat pertama bahwa memang ada orang berkendara sepeda motor yang membuang kotak benda hitam ke dalam tong sampah ember yang ada di dekat tong sampah tersebut itulah yang kemudian dilaporkan ke Polres,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro, Senin (23/8/2021).

1. Polisi pastikan tak ada pemicu ledak di benda yang diduga bom tersebut

Polisi: Benda Diduga Bom di Bekasi Dilempar Pengendara MotorTim Gegana mengecek kardus mencurigakan. Dok. IDN Times/Istimewa

Yusri menjelaskan, benda mencurigakan tersebut ditemukan warga pada pukul 07.00 WIB, dan kemudian dilaporkan ke polisi. Saat itu, Polres langsung mengamankan tempat kejadian perkara (TKP) dan menerjunkan tim Gegana. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap benda tersebut, Yusri memastikan benda tersebut tidak memiliki pemicu ledak 

“Memang menyerupai (bom) tapi tidak ada alat pemicunya cuma kabel-kabel saja,” ujar Yusri.

Baca Juga: Benda Mencurigakan Diduga Bom Hebohkan Warga Jatisampurna Bekasi 

2. Polisi periksa CCTV di sekitar lokasi

Polisi: Benda Diduga Bom di Bekasi Dilempar Pengendara MotorPetugas melakukan pemantauan CCTV Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di Posko Natal dan Tahun baru Bandara Soekarno Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Yusri mengatakan, saat ini Polres Metro Bekasi masih terus melakukan penyelidikan terhadap temuan benda yang diduga bom tersebut. Selain akan memanggil saksi-saksi, polisi juga akan memeriksa CCTV di sekitar lokasi.

“Sekarang Polres sedang melakukan penyelidikan masih memeriksa beberapa saksi dan kemungkinan CCTV masih didalami masih diselidiki Reserse Polres Metro Bekasi,” ujar Yusri.

3. Benda mencurigakan ditemukan di sebuah tong sampah

Polisi: Benda Diduga Bom di Bekasi Dilempar Pengendara MotorIlustrasi bom. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelumnya, sebuah benda mencurigakan dalam sebuah plastik hitam  yang dililit kabel menghebohkan warga Jatisampurna, Bekasi. Benda yang diduga bom itu ditemukan di sebuah gentong di Jl Caman Raya, Senin (23/8/2021).

“Iya benar (ada benda mencurigakan) TKP sedang kita amankan,” kata Kasie Humas Polres Metro Bekasi, Kompol Erna Ruswing Andari kepada IDN Times, Senin (23/8/2021).

Erna menjelaskan, benda mencurigakan itu awalnya ditemukan warga di sebuah gentong yang digunakan sebagai tong sampah. Benda tersebut menumpuk dengan sampah-sampah yang ada di dalam gentong tersebut.

“Laporan warga pukul 09.00 WIB,” ujarnya. 

Erna mengatakan, pihak kepolisian juga masih terus melakukan penyelidikan terkait temuan tersebut. Tim gegana pun turut diterjunkan ke lokasi ditemukannya benda mencurigakan tersebut.

“Masih dalam penyelidikan tim gegana,” ujar Erna. 

Baca Juga: Lagi, Densus 88 Bekuk 5 Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya