Polisi Temukan Luka Lebam pada Bibir dan Hidung 4 Anak Tewas di Jaksel

Polisi menduga 4 anak tewas 3-5 hari sebelum ditemukan

Jakarta, IDN Times - Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati Brigjen Hariyanto mengatakan, terdapat luka lebam di bagian mulut dan hidung keempat bocah yang ditemukan tewas di kamar rumah kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Luka lebam ditemukan setelah polisi melakukan autopsi terhadap keempat mayat bocah tersebut.

“Luka iris, luka benda tajam nggak ada, jadi hanya dicurigai, ada lebam di daerah mulut dan hidung. Kenapa dicurigai? karena adanya lebam itu adanya pembusukan, jadi agak-agak nggak jelas,” ujar Hariyanto saat dihubungi, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga: Polisi Dalami Kejiwaan Ayah yang Bunuh 4 Anak di Jagakarsa

1. Polisi menduga 4 anak sudah tewas 3-5 hari sebelum ditemukan

Polisi Temukan Luka Lebam pada Bibir dan Hidung 4 Anak Tewas di JakselIlustrasi pembunuhan. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Hariyanto menduga, keempat anak itu sudah tewas tiga sampai lima hari sebelum mayat ditemukan pada Rabu (6/12/2023). Hal itulah yang menyebabkan luka lebam samar karena pembusukan.

“Kalau kematian nya baru saja, lebam itu jelas kelihatan. tapi karena ada pembusukan, warna-warnanya hampir sama. Sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan yaitu pemeriksaan histopatologi,” ujar dia.

Baca Juga: 4 Anak di Jagakarsa Diduga Sudah Tewas 3-5 Hari Sebelum Ditemukan

2. Polisi belum bisa memastikan penyebab lebam pada 4 anak tewas di Jagakarsa

Polisi Temukan Luka Lebam pada Bibir dan Hidung 4 Anak Tewas di JakselIlustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Oleh karena itu, polisi melakukan pemeriksaan histopatologi untuk memastikan penyebab luka lebam. Hariyanto menyebut, polisi belum bisa memastikan terkait dugaan pelaku melakukan pembekapan.

“Saya gak ngomong karena pembekapan dan lain. Jadi nanti kalau sudah ada hasil pemeriksaan histopatologi, kita kan tidak ngarang-ngarang hasilnya nanti positif entah hasilnya obyektif kita sampakan yang obyektifitasnya,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus 4 Anak Tewas Dibunuh Ayah di Jagakarsa Naik ke Penyidikan

3. Kasus 4 anak tewas di Jagakarsa naik penyidikan

Polisi Temukan Luka Lebam pada Bibir dan Hidung 4 Anak Tewas di JakselIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan telah melakukan gelar perkara kasus empat anak ditemukan tewas berjajar di kamar tidur sebuah kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hasilnya, kasus tersebut naik ke tahap penyidikan.

"Kami sudah meningkatkan penyelidikan kasus ini ke tahap penyidikan. Kami menemukan dugaan tindak pidana dari peristiwa yang terjadi," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi, Kamis (7/12/2023).

Sementara itu, Ade mengatakan kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh Panca Darmasyah (41) terhadap istrinya berinisial D belum naik ke tahap penyidikan. Alasannya, sang istri belum bisa dimintai keterangan dan masih dirawat di RS Pasar Minggu.

"Yang penemuan mayat sudah naik. (kasus KDRT) belum (naik tahap penyidikan) karena korban belum bisa diambil keterangan," ujarnya.

Hingga kini, dalam kasus penemuan mayat empat orang anak, polisi sudah memeriksa lima saksi termasuk dari pihak keluarga Panca, keluarga D, hingga tetangga sekitar. Untuk kasus KDRT, polisi baru melakukan visum terhadap D.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya