Comscore Tracker

Polri Bantah Ferdy Sambo Dilindungi Kakak Asuh 

IPW sempat singgung nama eks Kapolri Idham Azis

Jakarta, IDN Times - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memastikan, tak ada kakak asuh eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, yang ikut campur atau melindungi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

Diketahui, Indonesia Police Watch (IPW) sempat menyinggung nama eks Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melindungi Ferdy Sambo selama menjalani proses hukum.

“Terkait kakak asuh adik asih itu kan kembali lagi hanya dugaan. Tapi yang jelas saya sudah berkoordinasi dengan Pak Dir maupun Propam, itu tidak ada,” kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Guru Besar: Kakak Asuh Sambo Diduga Dekati Hakim Jelang Sidang

1. Penasihat Kapolri sebut ada peran kakak asuh

Polri Bantah Ferdy Sambo Dilindungi Kakak Asuh Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (tengah) berjalan keluar ruangan usai mengikuti sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Divisi Propam Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Penasihat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sekaligus Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi, mengungkap soal kakak asuh yang diduga berusaha melindungi Ferdy Sambo dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Istilah kakak asuh sendiri merujuk pada senior di kalangan anggota Polri, baik yang sudah pensiun atau masih menjadi petinggi di institusi Bhayangkara.

"Keterlibatan (dalam kasus Brigadir J) tadi kan ada tiga. Pelaku langsung, orang yang terlibat langsung, dan orang yang tidak terlibat langsung tapi ikut di dalamnya," kata Muradi dalam program Back To BDM di YouTube Harian Kompas, dikutip IDN Times, Kamis (15/9/2022).

2. Peran kakak asuh dalam karier Ferdy Sambo

Polri Bantah Ferdy Sambo Dilindungi Kakak Asuh (IDN Times/Aditya Pratama)

Namun demikian, Muradi tak menyebutkan dengan gamblang sosok kakak asuh Ferdy Sambo. Namun, tak menutup kemungkinan sosok tersebut berperan besar dalam karier Sambo di kepolisian.

Kakak asuh itu, sebut Muradi, mungkin sosok yang memuluskan karier Ferdy Sambo sebagai jenderal.

"Bisa jadi kakak asuh itu adalah yang ketiga. Kakak asuh ini adalah yang tidak terlibat langsung, tapi kemudian ikut merancang, ikut mendorong," tuturnya.

3. Kakak asuh Ferdy Sambo diduga pensiunan Polri

Polri Bantah Ferdy Sambo Dilindungi Kakak Asuh (IDN Times/Aditya Pratama)

Muradi mengatakan, sekalipun sudah pensiun, seorang anggota Polri, utamanya yang punya kedudukan dan dihormati, masih kerap dimintai pendapat oleh para juniornya.

Oleh karena itu, peluang keterlibatan kakak asuh dalam kasus yang menjerat Ferdy Sambo tetap ada.

"Untuk FS ini saya menyebutnya masih dekat dan tanda kutip dikendalikan oleh kakak asuh yang sudah pensiun tadi," ucap Muradi.

Muradi pun mendorong Polri untuk mendalami kemungkinan terlibatnya kakak asuh Sambo dalam kasus kematian Brigadir J. Bisa jadi, sosok kakak asuh tersebut ikut merancang skenario yang disusun Sambo.

Namun, bisa jadi pula mereka tak tahu menahu soal rekayasa ini, sehingga ikut tertipu rekayasa mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri itu.

"Misalnya mereka nggak tahu bahwa FS berbohong sama mereka, maka kemudian saya kira ada tindakan yang bersifat organisasi, salah satunya adalah menggeser mereka dari posisi strategis tadi," katanya.

Baca Juga: Bantah Isu Kakak Asuh, Pengacara: Karier Sambo Moncer karena Kinerja

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya