Prabowo Geram Atribut Partai Demokrat Dirusak

Prabowo ancam pelaku perusakan dengan kekuatannya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut geram terhadap aksi perusakan atribut Partai Demokrat (PD) di Pekanbaru, Riau. Prabowo menyebut merusak atribut PD sama seperti merobek atribut Gerindra.

"Kalau Demokrat disakiti, kita merasa disakiti juga. Kalau ada yang robek-robek baliho Demokrat, sama dengan robek-robek balihonya Gerindra!" kata Prabowo saat menyampaikan pidato politiknya di Konferensi Nasional Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).

1. Prabowo ancam pelaku perusakan dengan kekuatannya

Prabowo Geram Atribut Partai Demokrat DirusakIDN Times/Irfan Fathurohman

Prabowo mengingatkan masyarakat agar melaksanakan demokrasi secara santun. Capres nomor urut 02 itu bahkan tak sungkan mengancam siapapun yang berani kembali melakukan hal yang sama terhadap partai koalisi, yang merupakan kekuatan yang dimilikinya.

"Kita imbau jangan robek-robek baliho, jangan robek-robek spanduk, laksanakan demokrasi yang baik, karena hati-hati lo, kita juga punya kekuatan," tegas Prabowo.

2. SBY kecewa kunjungannya diwarnai insiden tak menyenangkan

Prabowo Geram Atribut Partai Demokrat DirusakANTARA FOTO/Rony Muharrman

Sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap kekecewaannya, pasalnya kunjungan yang dilakukan saat tahun politik ke Riau diwarnai insiden tak menyenangkan. Dia mengharapkan agar apapun pilihan politiknya, setiap orang harus saling menghormati perbedaan.

"Saya sempat tanyakan saudara kami di Riau apakah sudah berubah? Selama 10 tahun memimpin, saya mengenal karakter akhlak saudara kami di Riau saling menghormati dan menghargai apapun perbedaan politiknya," tegasnya di Pekanbaru, Sabtu (15/12).

Baca Juga: Baliho Partai Demokrat Dirusak, SBY: Sama Saja dengan Merobek Saya

3. SBY perintahkan jajaran Demokrat cabut atribut

Prabowo Geram Atribut Partai Demokrat DirusakANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

SBY pun memerintahkan Sekjen dan pengurus Partai Demokrat Riau dan Pekanbaru untuk mencabut semua bendera dan spanduk Partai Demokrat.

"Saya perintahkan kepada Sekjen, pemimpin Demorkat Riau dan Pekanbaru agar semua atribut ucapan selamat datang atas kunjungan saya ke Riau dan bendera Demokrat diturunkan, lebih baik kita mengalah dan diturunkan daripada bendera, baliho kita dirobek, diturunkan, diinjak. Sama saja dengan merobek saya, menginjak dan dibuang ke selokan," katanya.

4. Dahnil menyayangkan insiden perusakan atribut partai Demokrat

Prabowo Geram Atribut Partai Demokrat DirusakIDN Times/Irfan Fathurohman

Sementara, Koordinator Juru Bicara pasangan Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan tindakan sekelompok orang yang merusak bendera dan spanduk Partai Demokrat yang dipasang di ruas jalan Kota Pekanbaru, Riau.

Spanduk yang dirusak salah satunya yang dipasang di depan Hotel Pangeran, tempat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan menginap.

Menurut Dahnil, tindakan ini sama saja dengan upaya menginjak-injak nilai demokrasi damai dan sejuk yang merupakan komitmen semua partai politik dalam melaksanakan pemilihan umum 2019.

"Ini adalah cara-cara yang pihak yang tak bertanggung jawab untuk merusak keindahan tatanan demokrasi yang sedang dibangun," ujar Dahnil Anzar dalam keterangannya, Sabtu (15/12).

Baca Juga: SBY Mengaku Kantongi Bukti Kuat Perusakan Atribut Demokrat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya