Profil Irjen Aan Suhanan, dari Kapolsek Sokaraja Sampai Kakorlantas

Aan sempat jabat Kapolres Pekalongan dan Kapolres Sukaharjo

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit merotasi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi, dalam rangka pensiun.

Berdasarkan Surat Telegram nomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023, Kapolri menunjuk Brigjen Aan Suhanan sebagai Kakorlantas Polri yang baru.

Berikut profil Aan Suhanan yang dirangkum IDN Times.

Baca Juga: Ekosistem Media TNI-Polri Siap Wujudkan Pemilu Damai

1. Dari Pama Polresta Surakarta menjadi Kasatlantas Polres Banjarnegara

Profil Irjen Aan Suhanan, dari Kapolsek Sokaraja Sampai KakorlantasDirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Dr. Aan Suhanan kini Kakorlantas Polri saat melakukan patroli Kamseltibcarlantas arus balik Idul Fitri menggunakan motor patroli jalan raya (Dok/Korlantas Polri)

Aan mengawali karirnya di Kepolisian dimulai dari Perwira Pertama (Pama) Polresta Surakarta pada 1989 atau setelah menuntaskan pendidikannya di Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1988.

Pada 1990 ia ditunjuk menjari Kaurbinopsnal Satlantas Polres Manyumas, dan berlanjut menjadi Kapolsek Sokaraja pada 1991.

Karirnya makin moncer pada 1992, ia dipercaya menjadi Kasatlantas Polres Banjarnegara pada 1992.

2. Aan sempat menjabat Kapolres Pekalongan dan Kapolres Sukaharjo

Profil Irjen Aan Suhanan, dari Kapolsek Sokaraja Sampai KakorlantasKorlantas Polri Apresiasi Pengembangan Inovasi ETLE Ditlantas Polda Sulsel/Istimewa

Pada 1998 ia dipercaya menjadi Wakapolres Timor Timur dan kembali ke Satlantas sebagai Kasatlantas Pontianak pada 2001. Aan melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim) Polri pada 2002.

Karir Aan makin mentereng dengan menjabat Kapolres Pekalongan pada 2007 dan Kapolres Sukaharjo pada 2008.

Baca Juga: Posko Presisi Polri Luncurkan Program Beyond Trust Presisi 2024

3. Kasubdit STNK Diregident Korlantas Polri sebelum Kakorlantas

Profil Irjen Aan Suhanan, dari Kapolsek Sokaraja Sampai KakorlantasKorlantas Polri Apresiasi Pengembangan Inovasi ETLE Ditlantas Polda Sulsel/Istimewa

Aan mengemban tugas sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat pada 2009, kemudian Dirsabhara Polda Kalteng pada 2011.

Pada 2016 ia diangkat menjadi Wakapolda Banten, lalu Kabagprogar Rojianstra SOPS Polri pada 2020.

Sebelum dipercaya sebagau Kakorlantas, Aan menjabat Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri mulai 2021. Dia juga pernah menduduki posisi Kasubdit STNK Diregident Korlantas Polri pada 2017.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya