Puan dan Prananda Disiapkan Jadi Pucuk Pimpinan PDIP pada 2024

Bagaimana dengan kursi DPR RI?

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Aria Bima mengungkapkan, dua anak Megawati Soekarnoputri, yakni Puan Maharani dan Prananda Prabowo disiapkan untuk mengambil pucuk kepemimpinan PDIP.

"Di level pusat seperti sudah disampaikan, pasti mas Prananda dan mbak Puan (disiapkan). Tinggal mana yang nanti diberikan tugas oleh ibu Mega," kata Aria Bima dilansir dari kantor berita Antara, Sabtu (3/8).

Lalu apa yang menjadi alasan keduanya penerus tahta Megawati?

1. Puan dan Prananda dapat diterima seluruh kader

Puan dan Prananda Disiapkan Jadi Pucuk Pimpinan PDIP pada 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Aria Bima mengatakan, sosok Prananda dan Puan Maharani dapat diterima seluruh kader dan pendukung PDIP karena keduanya tidak lepas dari trah Soekarno. Menurut dia, pendukung PDIP hingga saat ini banyak yang merupakan Soekarnois sejati.

Meskipun demikian, dia mengatakan, alih kepemimpinan PDIP dari Megawati kepada kedua anaknya itu paling cepat baru bisa dilaksanakan 2024.

Baca Juga: Nasdem-PDIP Dikabarkan Merenggang, Surya Paloh: Tidak Ada Perubahan

2. Megawati masih memimpin PDIP hingga 2024

Puan dan Prananda Disiapkan Jadi Pucuk Pimpinan PDIP pada 2024ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurutnya, untuk kongres V PDIP 8 Agustus mendatang, yang salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum 2019-2024, akar rumput PDIP telah menghendaki Megawati kembali memimpin partai.

Sementara itu, peneliti senior Centre for Strategic of International Studies (CSIS) J Kristiadi mengatakan, proses regenerasi di tubuh PDIP hanyalah soal waktu.

3. Regenerasi partai tetap disiapkan

Puan dan Prananda Disiapkan Jadi Pucuk Pimpinan PDIP pada 2024IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Menurut Kristiadi, regenerasi di dalam partai yang memiliki ideologi kuat, tidak dapat berjalan seketika. Namun dia meyakini Megawati telah memikirkan proses regenerasi tersebut. "Bentuk regenerasinya apa, saya belum tahu," kata Kristiadi.

Baca Juga: Kongres ke-5 PDIP di Bali Dipercepat, Ini Alasannya

4. Puan dinilai sebagai sosok yang pas untuk kursi Ketua DPR RI

Puan dan Prananda Disiapkan Jadi Pucuk Pimpinan PDIP pada 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani dinilai sosok yang tepat mengemban amanah, untuk menduduki kursi ketua DPR RI 2019-2024.  Sesuai Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) ayat 1 Pasal 427D, PDIP sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019 yang berhak menempatkan jatah kursi ketua DPR RI.

Pengamat politik dari Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan dengan menjabat sebagai ketua DPR, karier politik Puan diyakini akan semakin cemerlang pada masa mendatang.

“Hemat saya, Puan akan menjadi ketua DPR. Kalau secara ketatanegaraan kan setara dengan presiden. Menurut saya PDIP tidak akan sungkan menjadikan Puan menjadi ketua,” kata Ujang kepada IDN Times.

Baca Juga: Kongres ke-5 PDIP Akan Dihadiri 2.047 Tamu Undangan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya