Rapat Gabungan Fraksi dan DPD Usai, Ini Peta Pimpinan MPR RI

Kursi Ketua MPR diperebutkan Golkar dan Gerindra

Jakarta, IDN Times - Rapat gabungan bersama pimpinan fraksi MPR dan DPD telah dilakukan. Rapat menghasilkan nama-nama bakal calon pimpinan MPR.

“Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua,” kata Ketua MPR Sementara Abdul Wahab Dalimonthe setelah rapat gabungan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Abdul Wahab mengatakan, rapat gabungan berjalan lancar tanpa ada perdebatan yang berarti. Semua legowo dengan nama-nama calon pimpinan MPR, tinggal lobi-lobi untuk ketua MPR yang akan digelar setelah rapat ini.

“Penetapan pemilihan ketua dan pelantikan nanti malam,” ujar dia.

Lalu bagaimana dengan peta sementara ketua MPR RI?

Bangku Ketua MPR dipastikan jadi rebutan Golkar dan Gerindra. PDIP, Golkar, NasDem, PAN dan PPP memilih mendukung Bamsoet. Sementara itu, Ahmad Muzani dari Gerindra diketahui baru mendapat dukungan dari partainya sendiri.

Dengan modal dukungan 5 partai yakni PDIP (128 kursi), Golkar (85 kursi), NasDem (59 kursi), PAN (44 kursi) dan PPP (19 kursi), Bamsoet yang diusulkan Fraksi Partai Golkar sampai pagi ini telah mengantongi lebih dari 300 suara. Total suara yang dikantongi Bamsoet mencapai 335.

Sementara itu, Partai Gerindra mengaku telah melakukan lobi-lobi politik terhadap seluruh fraksi di parlemen, termasuk unsur DPD.

MPR sendiri memiliki 711 anggota yang berasal dari 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD RI. Dukungan tersebut tentunya berpengaruh seandainya pemilihan ketua MPR tak tercapai musyawarah mufakat dan berujung pemungutan suara.

Berikut susunan hasil rapat gabungan bersama pimpinan fraksi dan DPD

Golkar: Bambang Soesatyo
Gerindra: Ahmad Muzani
PDIP: Ahmad Basarah
PKB: Jazilul Fawaid
Demokrat: Syarief Hasan
PKS: Hidayat Nur Wahid
PAN: Zulkifli Hasan
PPP: Arsul Sani
NasDem: Lestari Moerdijat
DPD : Fadel Muhammad

Baca Juga: Utamakan Kekompakan, La Nyalla Minta Usulan soal Pimpinan MPR Diterima

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya