Sandiaga Uno: Tak Masalah Bagi Saya untuk Tes Baca Alquran

Sandiaga siap apa pun keputusan KPU soal tes baca Alquran

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, mengaku tidak masalah dengan wacana tes baca Alquran yang diajukan oleh Dewan Ikatan Dai Aceh. Sebelumnya, Sekjen PDIP, Hasto Keristiyanto mempertanyakan apakah kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersedia atau tidak jika tes baca Alquran dilakukan kepada pasangan capres. Ia menilai usulan Ikatan Dai Aceh menguji kemampuan capres-cawapres membaca Alquran, membuat kubu lawan justru terlihat panik.

1. Sandiaga siap tes baca Alquran

Sandiaga Uno: Tak Masalah Bagi Saya untuk Tes Baca AlquranIDN Times/Irfan Fathurohman

Menanggapi Hasto, Sandiaga mengaku akan melakukan apa pun asalkan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun demikian, Sandi menyatakan dirinya siap jika tes baca Alquran itu ditetapkan oleh KPU. "Kami sudah sampaikan kemarin, bahwa apapun keputusan KPU kami ikuti saja dan tidak menjadi masalah buat saya," ujar Sandiaga Uno di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Senin (31/12).

Baca Juga: Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga di Desember Sebesar Rp54 Miliar

2. Sandiaga sebut tes baca Alquran bagian manuver politik

Sandiaga Uno: Tak Masalah Bagi Saya untuk Tes Baca AlquranGoogle

Sandiaga mengungkapkan, pihaknya banyak menerima informasi bahwa saat ini masih banyak manuver kubu lawan dengan politik identitas yang dimainkan. Termasuk usulan tes baca Alquran yang dapat menimbulkan isu SARA. “Ya banyak yang menyatakan ke saya ini permainan politik identitas," terangnya.

3. Sandiaga enggan menanggapi lebih jauh tentang usulan tes baca Alquran

Sandiaga Uno: Tak Masalah Bagi Saya untuk Tes Baca AlquranIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski demikian, mantan Wakil Gubernur DKI tersebut enggan menanggapi lebih lanjut ihwal 'permainan politik' yang dianggapnya tidak berdampak terhadap kesejahteraan rakyat. Prabowo-Sandiaga katanya, hanya ingin bicara soal cara mengentaskan segala permasalahan yang semakin menghimpit rakyat.

"Isu saya ekonomi. Kalau misalnya kita bisa lebih meluangkan waktu untuk mendiskusikan ekonomi, bagaimana negeri yang kaya ini, SDM-nya baik-baik, melimpah, dan bisa lebih fokus pada apa yang menjadi proritas," katanya.

4. Sandiaga singgung infrastruktur

Sandiaga Uno: Tak Masalah Bagi Saya untuk Tes Baca AlquranDeniwk

Pada kesempatan itu, ia juga mengkritik kebijakan pemerintah yang selama ini sangat fokus terhadap pembangunan infrastruktur yang belum berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Sekarang kan fokus pemerintah ada di infrastruktur. Tapi infrastruktur tidak menghadirkan kesejahteraan ke masyarakat, belum menghadirkan kesejahteraan yang luas dan merata. Prabowo-Sandi ingin menyampaikan visi dan misi bahwa fokus kita adalah kepada pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk mengangkat ekonomi rumah tangga, untuk mengangkat ekonomi masyarakat menengah ke bawah," tandasnya.

"Jadi saya ya tentunya menyikapi ini juga dalam kontes politik. Tapi kita ya kita ikuti aja, apa keputusan KPU kita ikuti tidak ada masalah," tegas Sandiaga kembali menjawab wacana tes membaca Alquran.

Baca Juga: Capres-Cawapres Diminta Tes Baca Alquran, Begini Reaksi Kubu Jokowi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya