Sempat Bertemu Ketum PBNU Said Aqil, Mahfud Segera Tes Usap COVID-19

Mahfud apresiasi pengakuan Said Aqil terinfeksi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, dirinya sempat bertemu Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Sabtu (28/11/2020).

Pertemuan berlangsung pada Kamis (26/11/2020). Mendengar kabar Said Aqil terinfeksi virus corona, Mahfud langsung melakukan tes usap COVID-19.

“Beliau (Said Aqil) menyarankan saya lakukan swab karena tiga hari sebelumnya kami ngobrol. Saya pun segera swab,” kata Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd, Senin (30/11/2020).

Baca Juga: Profil Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj yang Terpapar COVID-19

1. Mahfud sempat ingin bertemu ketua PP Muhammadiyah

Sempat Bertemu Ketum PBNU Said Aqil, Mahfud Segera Tes Usap COVID-19Ketua Umum PP Muhammditah, Haedar Nashir. IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga ingin bersilaturahmi dengan Ketua PP Muhammadiyah Haidar Nasir pada Kamis (21/11), namun Haidar enggan menemuinya.

“Beliau minta tidak ditemui dulu karena beliau baru kontak dengan orang yang kemudian dinyatakan positif COVID-19. Khawatir terjadi penularan. Kami pun sepakat bicara via telepon cukup lama pada malam harinya,” tutur Mahfud.

2. Mahfud mengapresiasi pengakuan kedua pimpinan ormas Islam

Sempat Bertemu Ketum PBNU Said Aqil, Mahfud Segera Tes Usap COVID-19Ketua PBNU Kiai Said Aqil Siradj saat ditemui di Mapolda Jatim, Jumat (6/3). IDN Times/Fitria Madia

Mahfud menaruh hormat terhadap pengakuan kedua pucuk pimpinanormas Islam terbesar di Indonesia itu. Selain menjaga dirinya juga menjaga orang lain dari bahaya COVID-19.
 
“Keduanya terbuka memberitahu tentang serangan atau ancaman COVID-19 pada dirinya, dan meminta agar orang lain yang berinteraksi untuk memeriksa dirinya atau tidak menemuinya dulu,” ujar dia.

3. Said Aqil positif COVID-19

Sempat Bertemu Ketum PBNU Said Aqil, Mahfud Segera Tes Usap COVID-19Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Said Aqil dinyatakan positif COVID-19. Saat ini, dia sedang dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Jakarta.

“Sabtu, 28 November pada pukul 19.30, hasil PCR swab dari Al Mukarom Prof Dr KH Said Aqil Siroj menunjukkan hasil positif," kata sekretaris pribadi Said Aqil, Sofwan Erce melalui siaran pers, Senin (30/11/2020).

Said Aqil, kata Sofwan, meminta agar kabar kondisinya disampaikan ke masyarakat dengan tujuan agar tetap waspada terhadap COVID-19. Said Aqil juga sempat menyatakan bahwa terinfeksi virus corona bukanlah aib atau pun hal buruk.

“Sebagaimana yang sering beliau sampaikan bahwasanya COVID-19 ini bukanlah aib, bukanlah hal yang buruk dan bisa menimpa siapa saja dari latar belakang apa saja," ujarnya.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Said Aqil Positif COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya