Bikin Bangga, Siswa RI Raih 4 Medali  Olimpiade Kimia Internasional

Dua medali perak dan dua medali perunggu berhasil diboyong

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari Istanbul, Turki. Pada 30 Juli 2020 pukul 20.00 WIB, empat siswa Indonesia dilaporkan berhasil menorehkan prestasi di ajang 52nd International Chemistry Olympiad (IChO) atau Olimpiade Kimia Internasional ke-52 dengan meraih empat medali.

Dua medali perak diraih oleh dua siswa, yaitu Mark Susanto dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Ivan Candra Gunawan dari SMAK Petra 2 Surabaya. Sementara itu, dua medali perunggu diraih dua siswa lainnya, yaitu Rifqi Naufal Abdjul dari SMAN 81 Jakarta dan Steven William dari SMAK Petra 1 Surabaya.

Baca Juga: Praveen Jordan Tak Terbebani Target Emas Olimpiade

1. Semua siswa yang mewakili Indonesia berhasil meraih medali

Bikin Bangga, Siswa RI Raih 4 Medali  Olimpiade Kimia InternasionalOlimpiade Kimia Internasional ke-52 (Dok,Kemendikbud)

Acara pemberian medali pada tahun ini dikemas oleh panitia IChO ke-52 secara virtual dengan visualisasi seperti kenyataan, yang dirasakan jika dilakukan secara normal. Tim IChO Indonesia bersama jajaran Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan nonton bareng upacara penutupan dan penghargaan IChO ke-52 yang dapat ditonton dari rumah masing-masing melalui kanal Zoom.

“Kami mencoba yang terbaik untuk melakukan di Olimpiade secara on site, tetapi ini tidak mungkin karena pandemik COVID-19 global. Kami tidak bisa mengabaikan situasi ini, dan kami memutuskan menyelenggarakan IChO secara online,” kata ketua panitia akademik IChO 2020, Arif Dasganmen, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/8/2020).

2. Ada 60 negara terdaftar pada IChO 2020

Bikin Bangga, Siswa RI Raih 4 Medali  Olimpiade Kimia InternasionalIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Kegiatan Oimpiade Kimia tingkat internasional ini sebagai wujud penjaringan talenta di bidang kimia, agar memberikan manfaat di masa depan. Pada tahun ini sebanyak 235 siswa dari 60 negara terdaftar pada IChO 2020, dan 8 negara sebagai observer.

Sebanyak 22 negara tidak dapat berpartisipasi karena belum menyeleksi pada kompetisi nasionalnya, dan belum melatih tim nasional mereka.

3. Pusat Prestasi Nasional mengapresiasi siswa berprestasi

Bikin Bangga, Siswa RI Raih 4 Medali  Olimpiade Kimia InternasionalIlustrasi Pelajar (SMA) (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi juga turut menyaksikan dan memberikan selamat kepada para siswa yang telah meraih prestasi pada Olimpiade Kimia Internasional ke-52.

“Medali yang diraih siswa pada IChO tahun ini merupakan pencapaian prestasi tingkat internasional yang terkumpul pertama kali, yang difasilitasi oleh Kemendikbud sejak Pusat Prestasi Nasional terbentuk. Semoga perolehan medali peserta didik yang berprestasi tingkat internasional di bidang lainnya dapat menyusul,” ujar Asep.

Baca Juga: Kemendikbud Akui PJJ di 79 Daerah Belum Sesuai SKB Empat Menteri

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Topik:

  • Sunariyah
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya