Comscore Tracker

Sosialisasi Larangan Mudik, Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan Jaya

Polda Metro Jaya kerahkan 3.320 personel

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Keselamatan Jaya mulai hari ini, Senin (12/4/2021), hingga 25 April 2021 sebagai pra-kondisi sebelum Operasi Ketupat Jaya 2021.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, Operasi Keselamatan Jaya merupakan operasi yang bersifat preventif dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas sebagai pra-kondisi memasuki giat Operasi Ketupat Jaya 2021.

“Selain aspek berlalu lintas, operasi ini juga fokus dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19, dengan tidak membuat kerumunan serta imbauan untuk tidak melaksanakan mudik lebaran,” ujar Fadil saat apel pasukan di Polda Metro Jaya, Senin (12/4/2021).

1. Menyosialisasikan imbauan larangan mudik

Sosialisasi Larangan Mudik, Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan JayaIlustrasi personel Polri dan TNI (IDN Times/Handoko)

Adapun sasaran Operasi Keselamatan Jaya adalah menyosialisasikan imbauan larangan mudik, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas, serta melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan membagikan masker dan melaksanakan swab antigen gratis.

“Keempat meminimalisir gangguan Kamtibmas seperti balap liar dan polusi suara knalpot bising, dan kelima melaksanakan manajemen lalu lintas dalam mengantisipasi arus mudik,” kata Fadil.

2. Polda Metro Jaya akan mengerahkan 3.320 personel gabungan bersama TNI

Sosialisasi Larangan Mudik, Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan JayaIlustrasi Personel TNI-Polri (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Melalui kerja sama lintas sektoral, Fadil meyakini, Operasi Keselamatan Jaya 2021 akan mampu mencapai target yang diharapkan, antara lain terjaminnya rasa aman di masyarakat dalam menjalankan aktivitas, menurunkan tingkat kejahatan dan kecelakaan lalu lintas.

Dalam operasi ini, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 3.320 personel gabungan bersama TNI.

“Tidak terjadinya kasus COVID-19 serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap imbauan pemerintah untuk tidak mudik Lebaran,” ucap Fadil.

3. Polda Metro Jaya juga menggelar program Ramadhan Barokah

Sosialisasi Larangan Mudik, Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan JayaTes swab antigen gratis yang disediakan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Selain itu, untuk mendukung Operasi Keselamatan Jaya, Polda Metro Jaya juga telah menggelar program Ramadhan Barokah dalam menyambut bulan suci Ramdan.

“Yang menitikberatkan pada nilai kemanusiaan yang bernuansa Islami, sehingga di dalam bulan suci ini DKI Jakarta jadi aman damai dan sejuk, serta masyarakat sehat dan produktif,” ujar Fadil.

Baca Juga: Daftar Jalan yang Disekat Polda Metro Jaya Jelang Larangan Mudik 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya