Sudirman Said Klaim Dukungan AMIN Datang dengan Massa Besar

Sudirman Said tanggapi hasil survei AMIN yang selalu bontot

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias cak Imin (AMIN), selalu menempati urutan terakhir pada hasil survei sejumlah lembaga.

Namun demikian, Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, meminta masyarakat melihat hasil survei dengan kritis. Sebab, menurutnya hasil survei berbanding terbalik berdasarkan fakta di lapangan.

Dia menilai, kenyataannya dukungan AMIN datang dengan massa yang besar.

"Nanti teman-teman silahkan membaca dan menganalisis dengan baik, baigaimana menjelaskan bergelombang dukungan ini dengan angka survei. Teman-teman melihat dengan kritis. Bayangkan dukungan berdatangan dengan masa yang besar," kata Sudirman di Sekretariat Koalisi Perubahan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023).

1. Sudirman Said cerita gelombang dukungan AMIN di lapangan

Sudirman Said Klaim Dukungan AMIN Datang dengan Massa BesarBakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. (IDN Times/Santi Dewi)

Sudirman menjelaskan, pada saat kunjungan Anies atau Cak Imin di lapangan, dukungan itu terus muncul dengan alami. Massa yang hadir di lokasi pun bukan hasil rekayasa.

"Kalau kita datang ke pasar, atau ke masjid, atau ke hotel. Mereka pada salaman, amin ya pak. Dimana mana muncul seperti itu," ujar dia.

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi

2. AMIN jadikan survei sebagai cambuk untuk terus bergerak

Sudirman Said Klaim Dukungan AMIN Datang dengan Massa BesarBakal capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di acara Depok, 28 Oktober 2023. (www.instagram.com/@cakiminow)

Namun demikian, bukan berarti Koalisi Perubahan mengabaikan hasil survei. Menurutnya, hasil survei juga dijadikan bahan untuk AMIN yang lebih baik.

"Seperti sering disampaikan Pak Anies, kalau survei itu kalau kita di depan kita syukuri, tapi tidak boleh jumawa. Kalau kita di belakang kita jadikan cambuknya," tuturnya.

3. Koalisi Perubahan berharap masyarakat yang belum memilih menjatuhkan pilihan kepada AMIN

Sudirman Said Klaim Dukungan AMIN Datang dengan Massa BesarBakal cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar pada Kamis, 2 November 2023 di Hotel Sofyan. (IDN Times/Santi Dewi)

Sudirman mengatakan, masyarakat yang tidak menjawab survei maupun yang belum memantapkan pilihannya masih banyak jumlahnya. Jumlah itu, kata dia, diharapkan dapat mendulang suara bagi Anies-Cak Imin.

"Umat Islam tidak hanya mendukung Pak Anies karena mayoritas. Tidak bisa diblok begitu saja. Dekat dengan umat Islam itu Anies dan Muhaimin," bebernya.

"Jadi gini ini karakter kita ketika ngomong survei, biasanya tidak langsung menjawab dengan terus terang. Simpanan atau tabungan kita adalah pada ceruk yang belum menentukan pilihan. Dan memilih di tempat lain tapi belum mantap. Kelompok itu jumlahnya masih cukup besar, dan itu yang bisa mendukung besar," lanjut Sudirman Said.

Baca Juga: AMIN Terendah di Survei Populi Center, Anies: Jalan Terus

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya