Tiga Partai Penguasa DPRD Solo Jadi Kekuatan Gibran di Pilkada 2020

Gibran berpeluang lawan ‘kotak kosong’

Jakarta, IDN Times - Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa kemungkinan besar akan melawan ‘kotak kosong’ di Pilkada Surakarta setelah resmi diusung PDI Perjuangan dan didukung dua partai lainnya yakni PAN dan Golkar.

Pemilu 2019 PDI Perjuangan menduduki 30 dari 45 kursi DPRD Solo. 15 kursi yang disisakan PDIP ditempati PKS dengan lima kursi, PAN dan Golkar masing-masing tiga kursi, dan PSI satu kursi.

Hingga saat ini, PKS belum mengusung nama untuk menjadi penantang Gibran. Lalu apa alasan partai peraih kursi Pemilu 2019 merapat ke Gibran?

1. Sejak awal Golkar mendukung Gibran maju Pilkada Surakarta

Tiga Partai Penguasa DPRD Solo Jadi Kekuatan Gibran di Pilkada 2020Dok. Humas Pemkot Solo

Sebelum mendapatkan rekomendasi PDIP, Ketua Pemenangan Pemilu Jawa Tengah dan DIY DPP Partai Golkar, Iqbal Wibisono mengatakan partainya mendukung Gibran Rakabuming untuk maju di Pilkada Surakarta.

"Andai tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP, Partai Golkar tetap akan mengusung Gibran. Alhamdulillah, PDIP akhirnya memilih Gibran untuk berlaga pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, 9 Desember mendatang," kata Iqbal dikutip Antara, Selasa (21/7/2020).

Iqbal lantas menyampaikan latar belakang kenapa Partai Golkar sejak awal berkeinginan keras untuk mengusung Gibran karena Surakarta ke depan harus lebih hebat.

"Untuk hebat itu, harus dipimpin orang yang berani, cerdas, kreatif, milenial, dan punya wawasan kebangsaan yang luas. Hal itu ada pada Gibran," katanya.

Baca Juga: Sempat Ogah Berpolitik, Kini Gibran Kendarai 'Banteng' di Pilkada Solo

2. Sebanyak 36 kursi DPRD Surakarta jadi suara kuat Gibran

Tiga Partai Penguasa DPRD Solo Jadi Kekuatan Gibran di Pilkada 2020IDN Times/Larasati Rey

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Surakarta Achmad Sapari di Solo mengatakan, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Surakarta juga siap mendukung Gibran-Teguh Prakosa. Bahkan, DPD PAN mendapat perintah dari DPP untuk mendukung bakal calon yang diusung oleh PDIP.

Dengan demikian, peta kekuatan berdasarkan hasil Pemilu DPRD Kota Surakarta 2019 totalnya 36 kursi, yakni PDIP meraih 30 kursi serta Partai Golkar dan PAN masing-masing tiga kursi DPRD setempat.

3. Gibran mendapat restu PDIP

Tiga Partai Penguasa DPRD Solo Jadi Kekuatan Gibran di Pilkada 2020ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sebelumnya, DPP PDIP resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo pada pemilihan kepala daerah 2020.

Keputusan itu dibacakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam pengumuman tahap kedua 45 pasangan calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020 secara virtual, di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

"Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa," kata Puan.

Baca Juga: Gagal Dapat Rekomendasi, Achmad Purnomo Malah Disuruh Bantu Gibran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya