Tinjau Wisma Atlet, Ganip Pastikan RSDC Siap Hadapi Lonjakan Kasus

Pasien di Wisma Atlet bertambah sekitar 100 orang per hari

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito, meninjau Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/5/2021). Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Wisma Atlet menghadapi lonjakan pasien COVID-19 setelah libur Lebaran.

“Pengalaman yang lalu, sehabis libur panjang lonjakan kasus akan meningkat. Oleh karena itu, kehadiran saya ingin memastikan kesiapan, baik dari aspek personil maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya,” ujar Ganip dalam keterangan tertulis BNPB, Rabu (26/5/2021).

1. Ganip pastikan Wisma Atlet siap hadapi lonjakan kasus COVID-19

Tinjau Wisma Atlet, Ganip Pastikan RSDC Siap Hadapi Lonjakan KasusKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Rabu (26/5/2021) (Dok. Humas BNPB)

Baca Juga: Pasien Wisma Atlet Cenderung Bertambah, Tower 5 Disiapkan

Dalam kunjungan tersebut, Ganip yang juga Ketua Satgas COVID-19 memimpin rapat koordinasi penanganan COVID-19 dan meninjau ketersediaan obat, alat pelindung diri serta personel yang bertugas. Ia meninjau didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Mayjen TNI Tugas Ratmono selaku Koordinator RSDC Wisma Atlet.

Kepala BNPB yang baru dilantik pada Selasa (25/5/2021) itu juga berkeliling di sekitar Tower 1 RSDC untuk melihat sarana dan prasarana. Ia pun menegaskan RSDC Wisma Atlet sudah siap menghadapi jika terjadi lonjakan kasus COVID-19.

“Kesiapan personil tidak ada masalah, daya tampung bisa diantisipasi, sarana dan obat-obatan siap hingga dua bulan ke depan dan terus menerus akan ditambah mengikuti kondisi nantinya,” kata Ganip.

2. Terjadi peningkatan kasus setiap hari usai Lebaran

Tinjau Wisma Atlet, Ganip Pastikan RSDC Siap Hadapi Lonjakan KasusIlustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ia menjelaskan, sejak libur Lebaran hingga saat ini, terjadi lonjakan pasien COVID-19 di RSDC Wisma Atlet. Rata-rata, Ganip menungkapkan, 100 orang per hari.

“Sejak 18 Mei hingga hari ini (26/5) terjadi peningkatan pasien dengan kenaikan per hari sekitar 100 orang, hari ini 175 orang, sedangkan kemarin 175 orang. Kami berharap tidak akan semakin meningkat, hingga dua minggu ke depan akan terus dipantau perkembangan di sini,” ucapnya.

3. Ganip mengingatkan pentingnya 3T dan penerapan protokol kesehatan

Tinjau Wisma Atlet, Ganip Pastikan RSDC Siap Hadapi Lonjakan KasusKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Rabu (26/5/2021) (Dok. Humas BNPB)

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan masyarakat tetap menjalankan prokotol kesehatan. Ganip juga mengingatkan pentingnya testing, tracing dan treatment guna mengurangi penyebaran COVID-19.

“Disamping itu melakukan vaksinasi juga menjadi pencegahan COVID-19, namun vaksin bukan menjadikan kita kebal virus sehingga kita tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sangat dianjurkan,” ujar Ganip.

Baca Juga: Rekam Jejak Ganip Warsito, Pengganti Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya