TKN Prabowo-Gibran Kantongi Identitas Pelaku Hoaks soal Korupsi Mirage

Berita Meta Nex tidak bisa dipertanggungjawabkan

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyebut, telah mengantongi identitas pelaku penyebar hoaks terkait pemberitaan media asing soal dugaan korupsi dalam pembelian pesawat Mirage 2000-5 oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

“Ada indikasi, jelas kami tahu persis siapa yang melakukan ini, makanya kami akan kumpulkan bukti yang cukup baru kita proses secara hukum,” kata Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2024).

Dahnil memastikan, pemberitaan oleh media asing itu seluruhnya hoaks. Ia menyebut, platform Meta Nex patut dipertanyakan.

“Jadi tidak ada pembelian pesawat Mirage, dan artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemhan terkait dengan pembelian Mirage. Jadi secara konten, semua yang disampaikan di berita hoaks tersebut itu jelas adalah fitnah,” kata Dahnil.

Secara teknis, kata Dahnil, TKN telah menelusuri berita Meta Nex. Hasilnya, berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Jadi sumber dari berita ini kan muncul dari salah satu kami menyebutnya situs MSN, konten MSN ini kontennya agregator microsoft, dan dia mengambil dari Meta Nex, sedangkan kalau kemudian diambil, dicek ke Meta Nex, berita itu tidak ada sama sekali,” kata Dahnil.

“Jadi dari sisi teknis, itu saja tadi sisi konten tadi saya sebutkan ini jelas fitnah tidak ada pembelian pesawat dan sebagainya, dari sisi teknis jelas ini sengaja diciptakan oleh orang-orang tertentu untuk menebar fitnah bagi Pak Prabowo dan Mas Gibran terkait dengan pemilihan yang akan dilakukan beberapa hari ke depan,” imbuh Dahnil.

Dahnil menegaskan, pembelian pesawat Mirage 2000-5 telah dibatalkan. “Keputusannya adalah dibatalkan pesawat ini, kemudian nanti apakah ada pertimbangan lain, yang jelas Pak Prabowo akan mencari pesawat yang terbaik,” kata Dahnil.

Baca Juga: Jubir Menhan Tegaskan Pembelian Pesawat Mirage 2000-5 Dibatalkan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya