Ungkap Penyebab Kebakaran Kejagung, Polda Metro Jaya Petakan Saksi

Labfor dan Inafis masih terus menyelidiki asal api

Jakarta, IDN Times - Kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung RI), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu (22/8/2020) malam, masih menjadi teka-teki. Terutama terkait penyebab munculnya api.

Untuk menyelidiki hal tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana mengatakan telah memetakan sejumlah saksi untuk dimintai keterangan.

"Kami sudah memetakan, beberapa saksi hari ini kita mintai keterangan," kata Irjen Nana dikutip ANTARA, Minggu (23/8/2020).

1. Labfor dan Inafis terus melakukan penyelidikan mencari tahu penyebab kebakaran

Ungkap Penyebab Kebakaran Kejagung, Polda Metro Jaya Petakan SaksiKeadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalah Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Hingga saat ini, pemeriksaan saksi telah dilakukan bersama dengan penyelidikan yang dilaksanakan oleh Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dan Inafis (Indonesia Automatic Finger Print Identification System).

Kedua tim tersebut telah berada di Kantor Kejaksaan Agung sejak pukul 08.55 WIB untuk melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran.

Baca Juga: 11 Jam Berlangsung, Kebakaran di Kejagung Akhirnya Berhasil Padam

2. Api berhasil dijinakkan setelah 11 jam

Ungkap Penyebab Kebakaran Kejagung, Polda Metro Jaya Petakan SaksiPemadam Kebakaran yang semalaman bertugas memadamkan api yang membakar Gedung Kejaksaan Agung pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Nana mengatakan, kebakaran di Kejagung telah berhasil dikuasai oleh petugas pemadam kebakaran milik Pemda DKI Jakarta pada pukul 06.15 WIB.

Sebanyak 50 unit mobil pemadam kebakaran dan ratusan personel telah dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 19.00 WIB, Sabtu (22/8/2020).

3. TNI-Polri ikut turun dalam penanganan kebakaran

Ungkap Penyebab Kebakaran Kejagung, Polda Metro Jaya Petakan SaksiKeadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalah Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Nana, upaya pemadaman melibatkan kekuatan penuh, bahkan jajaran Pemda DKI seperti Gubernur, Wakil Gubernur,  instansi terkait, jajaran TNI dan Polri semua terjun ke lokasi kejadian ikut mengawasi.

"Kami dari kepolisian mengamankan juga memfasilitasi arus alu lintas dan mengamankan TKP ataupun lokasi bersama-sama TNI," ujar Nana.

Baca Juga: Akibat Kebakaran Gedung Kejagung, Sejumlah Ruas Jalan Masih Ditutup

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya