Viral Penipuan Jastip Tiket Coldplay, Polri Gelar Penyelidikan

Polri mengimbau korban penipuan buat laporan polisi

Jakarta, IDN Times - Setelah heboh war tiket konser Coldplay, kini warganet teriak soal penipuan melalui modus jasa titip (jastip). Salah satunya akun Twitter @imyourpuduu yang menyebut akun @findtrove_id telah menipu banyak orang dengan menjual tiket konser Coldplay. Alhasil, kerugian yang dialami korban mencapai Rp50 juta.

"Jadi, akun @findtrove_id udah nipu temen dan banyak orang lain. Dia udah bikin temen gue rugi 1,2jt dan banyak korban yang ruginya jauh lebih besar. Sekitar 50jt lebih yang udah oknum ini tipu," kata pemilik akun tersebut.

Baca Juga: Tiket Konser Coldplay Tidak Kena PPN, Ini Penjelasan DJP

1. Pelaku menghilang setelah korban transfer uang tiket Coldplay

Viral Penipuan Jastip Tiket Coldplay, Polri Gelar PenyelidikanColdplay (dok. wikimedia)

Pemilik akun tersebut menjelaskan, temannya telah melakukan verifikasi latar belakang pemilik akun @findtrove_id. Berdasarkan penelusurannya, tidak ditemukan rekam jejak penipuan.

Dia pun mengunggah bukti percakapan temannya dengan akun @findtrove_id bersama bukti transfer dari rekening temannya.

"Setelah temen gue udah cek dan percaya sama oknum ini, dia mutusin buat deal jastip di sini karena alesan dia gamau ribet ikut war, di hari-hari sebelumnya dari pihak mereka masih komunikasi sama temen gue ini. Tapi, selepas temen gue tf uang sejumlah 1,2jt tiba-tiba aja oknum ini wa-nya udah ceklis satu dan gabisa dihubungin sampe sekarang, temen gue udh lemes banget karena dia beli tiket ini tuh hasil dari nabung dia trs dengan teganya oknum ini nipu temen gue seenaknya," ujar @imyourpuduu.

2. Polri lakukan penyelidikan terhadap penipuan jastip tiket Coldplay

Viral Penipuan Jastip Tiket Coldplay, Polri Gelar PenyelidikanGedung Mabes Polri (IDN Times/Aryodamar)

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Adi Vivid, mengatakan pihaknya telah mendapat laporan terkait penipuan tiket Coldplay. Bareskrim pun bakal melakukan penyelidikan terhadap penipu jastip tiket Coldplay.

"Kami mendengar adanya dugaan penipuan penjualan tiket melalui hasil Patroli Siber dan atas temuan tersebut, sedang lakukan penyelidikan untuk mendalami dugaan penipuan yang terjadi," kata Vivid saat dihubungi, Kamis (18/5/2023).

3. Polri mengimbau korban penipuan membuat laporan polisi

Viral Penipuan Jastip Tiket Coldplay, Polri Gelar PenyelidikanInstagram

Atas peristiwa ini, Polri mengimbau masyarakat yang menjadi korban penipuan tiket Coldplay untuk membuat laporan. Vivid memastikan bakal menindak pelaku penipuan berkedok jastip tiket Coldplay.

"Kami juga akan mengundang penyedia jasa penjualan tiket resmi untuk mendapatkan keterangan dalam mendukung pengungkapan dugaan penipuan tiket online," ujarnya.

Baca Juga: Tiket Konser Coldplay Tidak Kena PPN, Ini Penjelasan DJP

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya