Volume Kendaraan di Puncak Meningkat, Polisi Lakukan Penyekatan

Jalur Puncak padat di akhir pekan meski masih PPKM

Jakarta, IDN Times - Kanit Laka Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ipda Angga Nugraha mengatakan, terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 30 persen di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada libur akhir pekan, Sabtu (14/8/2021).

"Kendaraan yang mengarah ke puncak ada peningkatan dikarenakan weekend. Mengalami peningkatan sekitar 20 hingga 30 persen sebagian besar dari Jakarta maupun Bogor," kata Angga dikutip ANTARA, Sabtu (14/8/2021).

1. Satlantas Polres Bogor lakukan penyekatan

Volume Kendaraan di Puncak Meningkat, Polisi Lakukan PenyekatanPersonel Polresta Bogor Kota dan Dishub Kota Bogor mengatur arus lalu lintas saat pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Simpang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Meski begitu, Kepolisian bersama Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor tetap melakukan penyekatan dengan melakukan pemeriksaan sejumlah pengendara yang hendak memasuki Jalur Puncak, Bogor.

"Namun kita tetap melaksanakan pemeriksaan surat hasil tes negatif berbasis PCR dan antigen, jika tidak dapat menunjukkan kendaraan akan diputar balik," kata Angga.

Baca Juga: Daftar Kendaraan yang Tidak Kena Ganjil Genap, Ambulans hingga Pejabat

2. PPKM diberlakukan di 8 titik perbatasan

Volume Kendaraan di Puncak Meningkat, Polisi Lakukan PenyekatanPembatasan kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak saat libur Idul Fitri, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/5/2021). Kendaraan yang diperbolehkan melintasi jalur wisata Puncak Bogor hanya kendaraan plat F (Bogor) selain plat tersebut diputar balik petugas sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 di area wisata (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kabupaten Bogor membagi fokus pengawasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada tiga ring, yakni perkotaan, tempat wisata, dan jalur-jalur perbatasan.

Khusus pengawasan perbatasan, dilakukan di delapan titik, yaitu Jasinga perbatasan dengan Lebak, di Parungpanjang perbatasan dengan Tangerang, di Parung perbatasan dengan Depok, di Gunungputri perbatasan dengan Bekasi, di Cileungsi perbatasan dengan Bekasi, di Cibinong perbatasan dengan Depok, di Cigombong perbatasan dengan Sukabumi, serta di Simpang Gadog dari arah Jakarta.

3. Tempat wisata pelosok desa ditutup

Volume Kendaraan di Puncak Meningkat, Polisi Lakukan PenyekatanPetugas gabungan Satgas COVID-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kemudian, pengawasan perkotaan dilakukan dengan menutup sejumlah ruas jalan utama di sekitaran Cibinong dan Sentul, yakni Jalan Cikempong-Stadion Pakansari dan Simpang Sentul-Stadion Pakansari. Kedua jalan tersebut ditutup mulai pukul 20.00 WIB - 04.00 WIB.

Pengawasan tempat pariwisata dilakukan oleh Satgas Penanganan COVID-19 hingga tingkat desa, untuk memastikan semua tempat wisata di pelosok desa tutup.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar 8 Ruas Jalan Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya