Ada Hapus Tato Gratis dari Baznas Selama Ramadan, Cek Jadwalnya 

Segera daftar di https://lynk.id/hapustatobaznasbazis

Jakarta IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional/Badan Amil Zakat, Infak Sedekah (Baznas/Bazis) menyediakan layanan hapus tato gratis di bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M untuk masyarakat DKI Jakarta. 

Layanan hapus tato oleh Baznas itu akan dilaksanakan di lima kantor wali kota selama bulan Maret. Masyarakat DKI hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan layanan. 
Namun kuotanya terbatas, sehingga yang berminat disarankan segera mendaftar.

Baca Juga: BAZNAS Ajak Restoran Cepat Saji Jadi Pengumpul Donasi

1. Kuota dan jadwal layanan

Ada Hapus Tato Gratis dari Baznas Selama Ramadan, Cek Jadwalnya Tangkapan Layar Penuh Situs Pendaftaraan Layanan Hapus Tato Gratis Oleh Baznas (lynk.id/hapustatobaznasbazis)

Wakil Ketua IV Bidang Administrasi SDM dan Umum BAZNAS/BAZIS DKI Jakarta, Nasir Tajang menyatakan, layanan hapus tato gratis kembali dibuka seperti tahun lalu. "Kami kembali memfasilitasi kegiatan layanan hapus tato selama Ramadan," ujarnya. 

Berikut jadwal layanannya:

  • Jakarta Timur, Rabu (20/3) 
  • Jakarta Selatan, Kamis (21/3)
  • Jakarta Pusat, Selasa (26/3)
  • Jakarta Barat, Rabu (27/3)
  • Jakarta Utara masih tahap konfirmasi

"Ramadhan adalah bulan peningkatan terutama produktivitas dalam beribadah dan peningkatan dalam ketakwaan," ucap Nasir seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (14/3/2024).

Selain layanan hapus tato, juga diadakan kegiatan kajian Islam dan buka puasa bersama. Untuk setiap wilayah, kantor wali kota akan membuka kuota untuk 75 orang.

2. Syarat mengikuti layanan hapus tato Baznas

Ada Hapus Tato Gratis dari Baznas Selama Ramadan, Cek Jadwalnya Tangkapan Layar Situs Pendaftaran Layanan Hapus Tato Baznas (https://lynk.id/hapustatobaznasbazis)

Meskipun gratis, masyarakat yang berkenan mendapatkan layanan perlu memenuhi beberapa syarat, yakni:

  • Berdomisili di Jakarta
  • Tidak memiliki riwayat keloid, gula darah normal, tidak masalah dengan bekas luka
  • Ukuran tato yang ingin dihapus maksimal sebesar dua ukuran KTP

Masyarakat juga wajib mendaftar melalui tautan link ini, https://lynk.id/hapustatobaznasbazis.

Kemudian, panitia akan mengkonfirmasi dengan memasukkan peserta ke dalam grup layanan. Nantinya, dalam grup  panitia akan memberikan informasi lanjutan terkait kegiatan. 

Selebihnya, Nasir mengharapkan program layanan ini bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri dengan agama dan kembali hidup bersih.

"Di samping itu, dapat meringankan beban biaya bagi masyarakat yang terbatas ekonominya yang ingin menghapus tato, dan menghilangkan stigma negatif di masyarakat,” ucapnya. 

3. Prosedur hapus tato menggunakan laser

Ada Hapus Tato Gratis dari Baznas Selama Ramadan, Cek Jadwalnya Seorang pria tengah menghapus tato di Masjid Darul Jannah Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis 13 April 2023 (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Berdasarkan foto layanan hapus tato, proses penghapusan yang kerap dilakukan di layanan Baznas adalah operasi laser. 

Dilansir Halodoc, proses penghapusan tato dengan laser dimulai dengan mematikan rasa kulit dengan suntikan anestesi lokal. Kemudian, laser akan memberikan energi kuat dalam satu getaran yang diterapkan ke tato untuk memanaskan hingga menghancurkan tinta tato. 

Adapun, tato warna-warni yang mungkin perlu perawatan dengan ragam laser dengan panjang gelombang yang berbeda. 

Usai prosedur, kulit kemungkinan membengkak dan melepuh atau bahkan berdarah. Namun, hal itu dapat ditangani dengan menggunakan salep antibakteri untuk mempercepat pemulihan. 

Selebihnya, menggunakan teknik laser mempunyai ragam manfaat yaitu dapat memudarkan tato secara efektif, tidak membentuk jaringan parut, merupakan cara penghapusan paling aman, dan tidak perlu pemulihan yang lama. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya