Comscore Tracker

Luhut: Di Indonesia Jokowi Sering Dikritik, Tapi Dunia Menghormatinya

Luhut juga memuji kinerja Jokowi di periode pertamanya lalu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan secara khusus pandangannya terkait 100 hari kerja Presiden Joko "Jokowi' Widodo.

Luhut menyampaikan pandangannya itu dalam acara di Mata Najwa pada Rabu (29/1) malam.

1. Luhut puji kapasitas Jokowi memimpin Indonesia di periode pertama

Luhut: Di Indonesia Jokowi Sering Dikritik, Tapi Dunia MenghormatinyaMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terpilih dua kali di dua periode kepemimpinan Jokowi sebagai salah satu Menko, peran Luhut sebagai menteri memang tak bisa disebut biasa saja. Bahkan, di beberapa media, ia disebut "menteri yang berkapabilitas mengurus apa pun" di kabinet.

Walau begitu, Luhut menyebut bahwa kinerjanya sebagai menteri tak akan bisa baik tanpa peran Jokowi, terutama di periode pertama.

"Selama 5 tahun (di periode pertama), saya kira Presiden Jokowi belajar dengan cermat. Perbedaan di pemerintahan itu terlihat sangat jelas," ujar Luhut.

Baca Juga: IMS 2020: Luhut Pandjaitan, Jenderal Tangan Kanan Jokowi 

2. Jokowi disebut Luhut banjir pujian di World Economic Forum 2020

Luhut: Di Indonesia Jokowi Sering Dikritik, Tapi Dunia MenghormatinyaDok. Humas Pemkot Cimahi

Terkait kapabilitas Jokowi dalam memimpin pun, menurut Luhut, turut mendapat pengakuan dari dunia internasional. Bahkan di World Economic Forum 2020 di Davos, pekan lalu, Luhut mengklaim peran Jokowi menggenjot investasi.

"Orang dari internasional mulai melihat siapa Presiden Jokowi. Di Davos minggu lalu, banyak yang ketemu saya. Mereka beri catatan, Indonesia sekarang tempat investasi yang bagus katanya," ujar Luhut.

3. Figur Jokowi dihormati di internasional

Luhut: Di Indonesia Jokowi Sering Dikritik, Tapi Dunia MenghormatinyaIDN Times/Debbie Sutrisno

Luhut juga memuji bagaimana karisma Jokowi sanggup memikat dunia internasional. Tak pelak, ia pun membandingkan bagaimana perlakuan yang diterima Jokowi di dalam negeri dengan di luar negeri.

"Figur Pak Jokowi itu, biar di Indonesia sini sering dikritik, tapi harus kita akui, dunia internasional sangat menghormati beliau," ujar Luhut.

Baca Juga: Luhut: Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Tidak Rugikan Buruh

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya